Menteri Rudiantara Ajak Pengusaha Jepang Investasi di Indonesia, Ciptakan Unicorn Baru

Di dunia sendiri, tambahnya, saat ini ada 7 perusahaan unicorn dan empat di antaranya ada di Indonesia.

Menteri Rudiantara Ajak Pengusaha Jepang Investasi di Indonesia, Ciptakan Unicorn Baru
Richard Susilo
Rudiantara 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Rudiantara S.Stat. MBA (59) Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang berada di Tokyo saat ini mengajak banyak pengusaha Jepang untuk investasi di Indonesia terutama agar bisa menjadi perusahaan unicorn (perusahaan start up yang memiliki valuasi lebih dari USD1 milia) sehingga nantinya Indonesia memiliki sedikitnya 10 unicorn sebagai cita-cita Menteri Rudiantara.

"Kunjungan saya ke Tokyo sebagai bagian roadshow untuk ciptakan unicorndi Indonesia yang saat ini sudah ada empat buah dan tahun 2019 mudah-mudahan bisa menjadi lima buah," papar Menteri Rudiantara khusus kepada Tribunnews.com sore ini, Rabu (5/9/2018).

Di dunia sendiri, tambahnya, saat ini ada 7 perusahaan unicorn dan empat di antaranya ada di Indonesia.

"Dengan adanya unicorn di Indonesia bisa memberikan kontribusi utama dan besar sekali bagi market Indonesia dan sekaligus juga kepada pihak luar terhadap market Indonesia."

Menteri Rudiantara percaya dijital ekonomi bukan masa depan, "Dijital ekonomi sebenarnya sudah kita masuki saat ini."

Olehkarena itu dengan unicorn Indonesia dapat menambah target dan tahun 2019 diharapkan tambah satu menjadi lima unicorn di Indonesia.

"Kita menyasar investor internasional dan saat ini berada di Tokyo kita berhasil mengumpulkan 28 perusahaan venture capital untuk kita sampaikan potensi Indonesia yang besar bagi mereka."

Pada bulan Oktober ada acara besar di Indonesia "next nation unicorn" sehingga diharapkan para perusahaan Jepang ini bisa lebih matang lagi dalam kunjungannya ke Indonesia di bulan Oktober.

"Mereka kita bawa ke Indoemnsia nanti saat event Oktober namun yang mau melakukan start-up harus di kurasi terlebih dulu oleh Ernst & Young sehingga kualitasnya jauh lebih baik lagi."

Menteri Rudiantara berencana mengecek dulu mereka yang masuk ke Indonesia untuk bisa menciptakan transaksi bernilai tinggi saat event next nation unicorn terssebut.

Setelah dari Tokyo para pengusaha Indonesia juga akan ke Korea dan melakukan hal serupa mengajak investasi di Indonmesia, tambahnya lagi.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved