Rusia Siap Bahas Proposal Perdamaian dengan Jepang

Pemerintah Rusia telah menyatakan kesiapannya membuka pembicaraan dengan Jepang terkait usul Presiden Vladimir Putin untuk menandatangani perjanjian..

Rusia Siap Bahas Proposal Perdamaian dengan Jepang
News Corp Australia Network
Presiden Rusia Vladimir Putin 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Pemerintah Rusia telah menyatakan kesiapannya membuka pembicaraan dengan Jepang terkait usul Presiden Vladimir Putin untuk menandatangani perjanjian damai tanpa syarat apapun, pada akhir tahun ini.

Putin sebelumnya membuat tawaran setelah Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyampaikan pidatonya pada sesi pleno Forum Ekonomi Timur di Vladivostok, Rabu kemarin.

Baca: TGB Apresiasi Keputusan Jokowi Abadikan Nama Pahlawan NTB untuk Bandara

Selain itu, Putin menambahkan bahwa sebagai 'teman', Rusia dan Jepang akan terus menangani semua permasalahan yang mengundang kontroversi, berdasar pada perjanjian damai.

Dikutip dari laman NHK World, Kamis (13/9/2018), satu masalah yang melibatkan kedua negara itu mengacu pada apa yang disebut sebagai 'Wilayah Utara'.

Ada empat pulau yang dikendalikan Rusia, sedangkan Jepang mengklaim memiliki pulau-pulau tersebut.

Pemerintah Jepang mempertahankan pulau-pulau itu sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari wilayah Jepang.

Bisa dikatakan bahwa pulau-pulau itu secara legal diduduki setelah Perang Dunia II.

Sementara itu, Juru Bicara Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov mendeskripsikan proposal perdamaian yang diajukan Putin sebagai gagasan dadakan yang benar-benar baru.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Igor Morgulov menyampaikan harapannya bahwa Rusia siap melakukan pembicaraan dengan para diplomat Jepang.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved