Dino Fabriant: Kolaborasi Desain Penting di Industri Untuk Tembus Pasar Jepang

Mobil Suv 2 wheeldrive hanya ada di Indonesia. Dari sisi engineer produk planning produk karakter juga perlu dipikirkan bersama.

Dino Fabriant: Kolaborasi Desain Penting di Industri Untuk Tembus Pasar Jepang
Richard Susilo
Ketua Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) Dino Fabriant 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kolaborasi penting di bidang industri untuk para desainer tak bisa sendiri jadi jadi harus bersama merencanakan dan merancang produk industri seperti keberhasilan mobil Terios Daihatsu masuk terpilih ke dalam Good Design Award 2018 (Japan) dan Good Design Indonesia 2018.

"Untuk desain industri merupakan hal yang kompleks sebagai produk di mana kantor pusat punya misi tertentu yang juga dipadukan dengan local produk dengan tujuan menjual. Oleh karena itu harus ada pemahaman tentang lifestyle yang harus valid," papar Ketua Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) Dino Fabriant khusus kepada Tribunnews.com Kamis ini (1/11/2018).

Dino melihat perlu ada kolaborasi yang merupakan hal penting

"Kita harus melihat adanya kesesuaian kepada lokal karakter dengan target konsumen."

Dicontohkannya mobil Daihatsu 2-wheel drive Daihatsu tersebut.

"Mobil Suv 2 wheeldrive hanya ada di Indonesia. Dari sisi engineer produk planning produk karakter juga perlu dipikirkan bersama. Hal itu dilakukan bagian perencanaan serta Riset dan Pengembangan (R&D) yang bekerja bersama, menjadikan sebuah Story of Success sebuah produk," jelasnya lagi.

Konsumen pun menurutnya harus pula dipahami seleranya lalu dipelajari bersama, ungkap perancang Dino yang berasal dari Padang berusia 49 tahun saat ini.

Di masa lalu Dino banyak mengerjakan produk konsumen, sempat bekerja di LG dan Panasonic Indonesia, tambah lulusan Industrial Design ITB tersebut.

"Sebagai Ketua Aliansi kita harus bantu banyak teman-teman di asosiasi supaya mereka semua ikut terbawa maju bangkit bersama sampai ke level internasional lah," harapnya.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved