Olimpiade 2020

Hindari Kemacetan Jelang Olimpiade 2020, Pesta Kembang Api di Tokyo Jepang Diundur

Penyelenggaraan pesta kembang api di berbagai wilayah di Tokyo akan diundur selama beberapa minggu.

Hindari Kemacetan Jelang Olimpiade 2020, Pesta Kembang Api di Tokyo Jepang Diundur
Foto HubJapan
Kembang api (Hanabi) di Tokyo yang berbentuk Gunung Fuji. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Penyelenggaraan pesta kembang api di berbagai wilayah di Tokyo Jepang akan diundur selama beberapa minggu.

Pengunduran jadwal pesta kembang api ini terkait dengan penyelenggaraan Olimpiade 2020 yang akan dimulai 24 Juli 2020.

Biasanya pesta kembang api berlangsung sekitar tanggal 25 Juli setiap tahunnya. Namun untuk menghindari kemacetan di banyak tempat di Tokyo, maka jadwal pesta kembang api akan diundur.

"Sumidagawa Hanabi yang rencana 25 Juli 2020 kemungkinan besar diundur dua minggu sebelumnya sehingga pelaksanaannya menjadi sekitar tanggal 11 Juli 2020," ungkap sumber Tribunnews.com, Senin (5/11/2018).

Pengajuan lebih awal Hanabi di Tokyo menurut beberapa sumber Tribunnews.com memang dilakukan untuk menghindari kemacetan selama berlangsungnya Olimpiade 2020 mendatang.

Baca: Turis Asing di Jepang Makin Banyak, Penyakit Kelamin Sifilis Kian Meningkat

"Kalau macet juga menyangkut keamanan (sekuriti) dari para penontonnya yang akan membeludak dan polisi harus berjaga ekstra hati-hati nantinya karena ditakutkan dimanfaatkan untuk kejahatan apalagi terorisme, ini sangat berbahaya," tambahnya.

Hanabi diperuntukkan bagi warga yang ada di Jepang dan tentu saja para turis.

"Tetapi dengan Olimpiade yang diperkirakan jumlahnya akan sangat banyak turis yang hadir, berbagai antsipasi harus dilakukan pihak keamanan untuk membagi risiko apa pun," ungkapnya lebih lanjut.

Pemda Kota Itabashi-ku dan Toda-shi, Perfektur Saitama yang biasanya menyelenggarakan Hanabi di bulan Agustus dengan peluncuran 12.000 batang kembang api, juga telah memutuskan untuk mengajukan Hanabi ke bulan sebelumnya bahkan ke tanggal 23 Mei.

Demikian pula Hanabi di Adachiku Tokyo akan diundur menjadi tanggal 30 Mei yang semula direncanakan tanggal 21 Juli 2019.

Pengajuan acara Hanabi ini akan dilakukan mulai tahun depan seiring pula dengan penyelenggaraan kejuaraan (Piala Dunia) Rugby di Tokyo tahun 2019 yang dimulai tanggal 20 September hingga 2 November 2019.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved