BBC

11.11: Hari belanja online terbesar (dan pengumpulan data konsumen) di dunia

11.11 menjadi hari belanja online terbesar di dunia setelah pada 11 November 2009 perusahaan ecommerce raksasa asal Cina, Alibaba, menawarkan

Di Cina tanggal 11-11 (11 November) disebut Singles day (hari para lajang) dimana angka satu melambangkan sendiri atau lajang. Dan empat angka satu melambangkan kebersamaan para lajang.

11.11 menjadi hari belanja online terbesar di dunia, termasuk di Indonesi, setelah pada 11 November 2009 perusahaan ecommerce raksasa asal Cina, Alibaba, menawarkan diskon besar-besaran di platform mereka selama 24 jam, dimulai pada tengah malam.

Pada 2017, Alibaba mencatat rekor penjualan sebesar 168,2 miliar yuan, atau sebesar Rp375 triliun dalam satu hari Singles Day berlangsung. Dan jumlah ini akan terus meningkat setiap tahun.

Namun para konsumen bukan hanya menyerahkan uang mereka ke Alibaba. Singles Day mungkin menjadi hari pengumpulan data (data collection) terbesar bagi Alibaba.

Taobao, misalnya, adalah aplikasi belanja paling populer milik Alibaba. Pengumpulan data memungkinkan aplikasi itu memantau bukan hanya apa yang Anda beli, tapi juga laman yang Anda buka, laman yang Anda tandai, dan menggunakan kecerdasan buatan untuk memprediksi produk apa yang mungkin Anda gemari dan mungkin akan beli.

Alibaba mengatakan hal ini dilakukan untuk menyesuaikan rekomendasi produk mereka kepada Anda untuk pengalaman berbelanja yang lebih baik dan nyaman.

Pengumpulan data ini bukanlah hal yang unik. Perusahaan e-commerce lainnya, seperti Amazon, juga melakukan hal yang sama.

Namun apa yang dilakukan Alibaba, pada skala yang berbeda.

Lebih dari 600 juta orang menggunakan aplikasi dan situs ritel milik Alibaba. Dan jutaan lainnya adalah nasabah bisnis alibaba yang lain, seperti layanan keuangan ANT Financial atau pengguna situs berbagi video Youku.

Semua pengguna ini menghasilkan data yang luar biasa banyaknya.

Halaman
12
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved