BBC

Presiden Nigeria diisukan meninggal dan posisinya digantikan 'kembaran'

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari muncul untuk menyangkal desas-desus yang menyebutkan ia telah meninggal dan yang tampil sehari-hari di istana

Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, muncul untuk menyangkal desas-desus yang menyebutkan dirinya telah meninggal dan yang tampil sehari-hari di istana adalah orang yang mirip dengannya.

"Ini adalah saya yang sebenarnya, percayalah," kata tokoh yang kita yakini saja sebagai presiden Buhari asli.

Ada pula kabar burung yang menyebut bahwa ia telah 'dikloning,' dan dalam keseharian sebagai presiden Nigeria dia telah digantikan oleh sosok 'kembaran' yang mirip, bernama 'Jubril' yang disebutkan berasal dari Sudan.

Sejak memangku jabatan, 2015 lalu, kesehatan Presiden Buhari menjadi pembicaraan. Pada tahun 2017, Buhari mengambil 'cuti sakit' selama tiga bulan di Inggris.

Betapapun, Buhari berusaha memenangkan Pemilu Februari tahun depan, untuk memperoleh mandat kepresidenan yang kedua.

Setelah kembali mendarat di Nigeria ia mengatakan bahwa "Saya tak pernah menderita sakit separah ini", namun tak pernah mengungkapkan penyakit apa gerangan yang dideritanya, dan ia menegaskan bahwa kini ia sehat walafiat.


Sangkalan bisa jadi bumerang

Ishaq Khalid, BBC News, Abuja

Banyak warga Nigeria terkejut tatkala Presiden Buhari memutuskan menanggapi isu ganjil tentang sosok kembaran bernama 'Jubril' itu.

Isu itu menjadi olok-olok di media sosial sejak berbulan-bulan, dan umumnya dianggap sebagai berita palsu, dan diabaikan media serius.

Namun memang gosip ini dijadikan bahan oleh lawan-lawan politik Buhari untuk mempersalahkan kesehatannya.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved