Deutsche Welle

Penerus Angela Merkel di Partai CDU: Annegret Kramp-Karrenbauer

Annegret Kramp-Karrenbauer memenangkan pemilihan ketua umum Partai CDU. Ia meraih suara terbanyak dalam dua fase pemilihan di kongres…

Pada Kongres Nasional Partai CDU di Hamburg Jumat (07/12), Annegret Kramp-Karrenbauer, biasa dikenal dengan singkatan AKK, terpilih sebagai penerus Angela Merkel untuk memegang jabatan ketua umum partai. AKK menggambarkan dirinya sebagai kandidat persatuan dan kontinuitas. "Tidak ada serikat konservatif atau liberal," katanya. "Hanya ada satu CDU."

Ia meraih suara terbanyak mengalahkan dua kandidat ketua umum lain, yakni Friedrich Merz dan Jens Spahn. Di pemilihan putaran kedua, setelah Jens Spahn kalah di putaran satu, AKK meraih 517 suara dan Merz 482 dari total 999 pemilih.

AKK, yang dua tahun lalu menjabat sebagai perdana menteri negara bagian Saarland, mulai populer pada Maret 2017, ketika ia memimpin CDU ke kemenangan mengejutkan dalam pemilihan negara bagian dengan 40,7 persen suara. Pada saat itu, kandidat kanselir dari Partai SPD, Martin Schulz, lebih populer dalam jajak pendapat publik.

Dalam waktu singkat, Kramp-Karrenbauer menjadi pemain politik nasional. Itu adalah kesuksesan yang tidak diduga-duga bagi seorang politisi yang sudah lama dianggap hanya ditakdirkan untuk menjadi pemimpin regional.

Cerita dari Saarland

Kramp-Karrenbauer, 56, lahir di dusun kecil V├Âlklingen dan beranjak besar di P├╝ttlingen, Saarland. Ayahnya adalah seorang guru, sementara ibunya seorang ibu rumah tangga. Seperti kebanyakan orang dari wilayah ini, AKK adalah seorang Katolik Roma. Dia ibu dari tiga anak.

AKK bergabung dengan CDU pada tahun 1981. Ia memulai karier politiknya dari organisasi pemuda dan barisan partai lokal. Pada Mei 2011, ia menjadi pemimpin CDU divisi Saarland, wanita pertama yang memegang posisi itu. Saat itu dia terpilih dengan 97 persen suara.

Dari tahun 2001 hingga 2004, Kramp-Karrenbauer menjabat posisi menteri dalam negeri negara bagian. Lagi-lagi ia adalah wanita pertama di Jerman yang memegang posisi tersebut. Pada tahun 2011, Kramp-Karrenbauer menjadi perdana menteri negara bagian Saarland setelah ia membentuk koalisi dengan Partai Hijau dan Partai FDP. Tetapi setahun kemudian, ia merancang pembubaran parlemen daerah Saarland dan melakukan pemilihan baru. Hal ini mengarah pada koalisi besar pemerintahan baru dengan pesaing CDU, Partai Sosial Demokrat (SPD).

Setelah terpilih kembali pada tahun 2017, Kramp-Karrenbauer menolak segala ambisi untuk naik ke tingkat nasional dengan menegaskan bahwa dia puas untuk bekerja di Saarland. Tapi dia sudah disebut-sebut sebagai calon penerus Merkel.

Kurang dari setahun setelah memenangkan jabatan sebagai perdana menteri, Kramp-Karrenbauer mendapat panggilan dari Merkeldan ditawari untuk menjadi sekretaris umum CDU. Dia menerima tawaran tersebut dan dikonfirmasi untuk posisi itu pada Februari lalu.

Seorang konservatif moderat

Dari tiga kandidat yang bersaing untuk memimpin CDU, Kramp-Karrenbauer dianggap sebagai sosok yang paling mirip Merkel. Keduanya memiliki hubungan profesional yang erat dan gaya sederhana AKK mengingatkan orang pada Merkel. Seperti Merkel, Kramp-Karrenbauer juga pernah memimpin koalisi besar.

Halaman
12
Sumber: Deutsche Welle
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved