Pengusaha Jepang Ini Ingin Mendatangkan Sepasang Komodo Indonesia ke Kebun Binatangnya

Perbedaan pendapat antara pemda Shizuoka dan pemerintah pusat di Kasumigaseki Tokyo Jepang masih terus berlanjut hingga kini.

Pengusaha Jepang Ini Ingin Mendatangkan Sepasang Komodo Indonesia ke Kebun Binatangnya
Richard Susilo
Tsuyoshi Shirawa President Rep Japan Kebun Binatang iZoo dan Chairman Asosiasi Amfibi dan Reptil Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang

TRIBUNNEWS.COM TOKYO -  Dimulai sejak tiga tahun lalu ide mendatangkan satu pasang binatang langka komodo dari Indonesia ke Jepang namnun hingga kini belum terlaksana meskipun Gubernur perfektur Shizuoka telah menjamin mendukung hal tersebut.

Perbedaan pendapat antara pemda Shizuoka dan pemerintah pusat di Kasumigaseki Tokyo Jepang masih terus berlanjut hingga kini.

"Tampaknya ada perbedaan bahasa saja. Pihak Indonesia menginginkan harus berbentuk MOU (Memorandum of Understanding) tetapi pihak Jepang maunya MOC (Memorandum of Cooperation). Tapi pihak pemda Shizuoka sih sudah tak ada masalah, tinggal pemerintah pusat yang masih terus berdiskusi dengan pemda Shizuoka," papar Tsuyoshi Shirawa President Rep Japan Kebun Binatang iZoo dan Chairman Asosiasi Amfibi dan Reptil Jepang khusus kepada Tribunnews.com sore ini (7/1/2019).

Apabila jadi memasukkan Komodo ke perfektur Shizuoka, maka hal ini kedua kali. Di masa lampau Komodo Indonesia pernah dimasukkan ke Hokkaido Jepang.

"Ya kita harapkan kesepakatan bisa secepatnya terjadi. Pihak Indonesia sendiri lewat Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia sampai ke Wakil Presiden Indonesia yang saya dengar sih sudah tak ada masalah. Asalkan bentuknya MOU," tambahnya lagi.

Shirawa berharap secepatnya bisa disepakati, "Kalau bisa sih mungkin April nanti sudah OK semua sehingga Jepang bisa segera mempromosikan Indonesia lewat Komodo Indonesia di Jepang," ungkapnya lagi bersemangat.

Apabila tiba di Jepang, maka Komodo tersebut akan ditempatkan di kebun bunatang miliknya di iZoo yang berada di Kawazucho Kamogun Shizuoka Jepang.

"Saat ini pengunjung kebun binatang kami memang masih sedikit. Tetapi kalau Komodo ditempatkan di sana, pasti akan ramai sekali yang datang sekalius dapat mempromosikan Indonesia di Jepang. Kalau banyak yang datang ke Shizuoka juga semakin populer Shizuoka di mata dunia. Banyak sekali hal positifnya bukan?" tambahnya lagi.

Belum lama ini Shirawa juga memperlihatkan kepada petugas badan lingkungan hidup Indonesia yang berada di Nusa Tenggara Barat cara-cara untuk menangkap buaya dan berhasil menangkap buaya sepanjang 3 meter di sana.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved