Meski Dikritik Sejumlah Negara, AS Tetap Bakal Tarik Seluruh Pasukannya dari Suriah

"Keputusan Presiden Trump untuk menarik pasukan AS telah dibuat. Kami tegaskan akan melakukan hal itu," kata Pompeo

Meski Dikritik Sejumlah Negara, AS Tetap Bakal Tarik Seluruh Pasukannya dari Suriah
AFP
Mike Pompeo akan menuju ke Pyongyang pada awal misi diplomatik keliling dunia yang juga akan membawanya ke Brussels dan pertemuan puncak penting NATO. (AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo kembali menegaskan pihaknya bakal menarik seluruh pasukannya dari Suriah meski menuai kritik dari sejumlah negara.

"Keputusan Presiden Trump untuk menarik pasukan AS telah dibuat. Kami tegaskan akan melakukan hal itu," kata Pompeo pada konferensi pers bersama di Kairo, Kamis (10/1/2019), didampingi Menlu Mesir Sameh Shoukry, seperti diberitakan AFP.

Baca: Lima Prajurit Inggris Tewas dalam Serangan Rudal ISIS di Suriah

Pompeo tengah menjalani tur ke sejumlah negara Timur Tengah untuk membahas kekhawatiran negara-negara sekutu regional AS tentang rencana penarikan pasukan dari Suriah yang mendadak.

Pernyataan Pompeo juga datang setelah ancaman dari Turki yang mengatakan bakal melancarkan operasi militer ke Suriah apabila AS menunda penarikan pasukannya.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyampaikan rencana pengerahan kekuatan militer ke Suriah telah matang dan disepakati bersama oleh pemerintah.

"Jika terjadi penundaan dengan alasan yang konyol dan tidak sesuai dengan realita, maka kami bakal segera melakukan serangan," kata Cavusoglu.

"Kami bakal memutuskan waktu yang tepat untuk mengirim pasukan dan kami tidak akan meminta izin dari siapa pun," imbuhnya.

Sebelumnya, Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton sempat memaparkan persyaratan kondisi yang harus dipenuhi sebelum Amerika Serikat dapat menarik pasukannya dari Suriah.

Syarat-syarat tersebut termasuk kekalahan kelompok teroris ISIS di Suriah dan adanya jaminan keamanan terhadap kaum Kurdi yang menjadi sekutu Washington dalam pertempuran melawan teroris.

Banyak pihak yang kemudian memandang komentar Bolton sebagai pertanda akan ditundanya penarikan pasukan AS dari Suriah, setelah banyak pihak membantah bahwa ISIS di negara itu telah dikalahkan.

Baca: Liburan ke Amerika Serikat, Richard Kyle dan El Barack Berfoto Bersama

Namun Pompeo menegaskan bahwa kedua pernyataan yang disampaikan Trump maupun Bolton adalah konsisten.

"Tidak ada kontradiksi sama sekali. Itu hanya cerita yang dibuat-buat oleh media," kata Pompeo yang menggarisbawahi, AS akan tetap berkomitmen dalam mencegah kebangkitan ISIS.

Penulis : Agni Vidya Perdana

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Pompeo Tegaskan AS Bakal Tarik Seluruh Pasukannya dari Suriah

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved