Presiden AS Donald Trump Ternyata Takluk di Hadapan Kaisar Jepang Akihito

Presiden AS Donald Trump yang dikenal meledak-ledak ternyata takluk di hadapan Kaisar Akihito saat pertemuan beberapa waktu lalu.

Presiden AS Donald Trump Ternyata Takluk di Hadapan Kaisar Jepang Akihito
The Australian
Singo Miyamoto, Kepala Indonesia di Divisi 2 Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Jepang (tengah) sebagai penerjemah Kaisar Akihito (kiri) dan Presiden Donald Trump (kanan). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pertemuan antara Kaisar Akihito dengan Presiden AS Donald Trump pada 6 November tahun lalu dikhawatirkan beberapa pihak akan membuat Kaisar kaget karena tingkah laku Trump yang dikenal meledak-ledak.

Ternyata tidak demikian yang terjadi, bahkan Trump takluk di depan Kaisar.

"Saya sebagai penerjemah saat itu sebenarnya deg-degan juga karena menghadapi Kaisar Jepang yang sangat dihormati sekali oleh rakyat Jepang, harus menerjemahkan Presiden Trump yang menemuinya," ungkap Singo Miyamoto, Kepala Indonesia di Divisi 2 Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Jepang kepada Tribunnews.com, Senin (4/2/2019).

Namun ternyata ketakutan penerjemah itu langsung hilang seketika karena Trump terlihat takluk di depan Kaisar Jepang.

"Presiden Trump ternyata baik sekali, tak banyak bicara, lebih banyak mendengarkan kata-kata Kaisar selama pertemuan 15 menit tersebut di rumah tamu kenegaraan kekaisaran Jepang," tambahnya.

Trump tenang, santai dan tidak banyak bicara, sangat menghormati Kaisar.

Singo Miyamoto Kepala (Kacho) Indonesia di Divisi 2 Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Jepang.
Singo Miyamoto Kepala (Kacho) Indonesia di Divisi 2 Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Jepang. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Tapi mengapa Kepala Indonesia yang jadi penerjemah bahasa Inggris kepada Kaisar Jepang?

"Iya memang saya spesialisnya di bahasa Inggris. Bahasa Indonesia saya belajar sendiri sejak ditempatkan di kedutaan Jepang di Jakarta tahun 2009," kata Miyamoto.

Di Kementerian Luar Negeri Jepang ada peringkat penerjemah dalam berbagai bahasa dan untuk bahasa Inggris, Miyamoto termasuk salah satu yang paling senior untuk jadi penerjemah resmi pemerintah Jepang.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved