Kemlu RI Mengaku Belum Dapat Kepastian Korban Mutilasi di Malaysia Adalah WNI

"Fokus saat ini adalah identifikasi korban, agar dapat dipastikan identitas serta kewarganegaraannya," kata Iqbal saat dikonfirmasi

Kemlu RI Mengaku Belum Dapat Kepastian Korban Mutilasi di Malaysia Adalah WNI
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Meli Rahmawati (33) menunjukkan foto saat bersama suaminya Nuryanto (37) yang diduga menjadi korban mutilasi di Malaysia. Meli saat ditemui di Kampung Ciodeng, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (11/2/2019), mengaku kaget saat mendengar kabar tentang suaminya tersebut. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri RI mengungkapkan, kepolisian Malaysia masih melakukan proses identifikasi terhadap dua jenazah yang ditemukan di Sungai Buloh, Selangor, Malaysia, beberapa waktu lalu.

Sehingga, Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhamad Iqbal mengatakan belum ada kepastian apakah dua jenazah tersebut adalah Warga Negara Indonesia.

Baca: 5 Fakta Korban Mutilasi di Malaysia, Pengusaha Asal Bandung hingga Terduga Pelaku Sudah Ditangkap

"Fokus saat ini adalah identifikasi korban, agar dapat dipastikan identitas serta kewarganegaraannya," kata Iqbal saat dikonfirmasi, Selasa (12/2/2019).

Ia mengatakan, dugaan kedua korban adalah WNI didasari oleh pengaduan kehilangan kontak yang disampaikan oleh 2 WNI kepada KBRI Kuala Lumpur setelah ditemukannya 2 jenazah serta identifikasi visual

"KBRI sudah membantu penyampaikan sampel DNA keluarga dan data sidik jari. Diharapkan proses identifikasi akan selesai dan disimpulkan segera," terang dia.

Sejauh ini, Iqbal membenarkan telah ada orang yang ditahan untuk dimintai keterangan pada kasus dugaan pembunuhan itu.

"Betul (sudah ada yang ditahan), tetapi kepolisian Malaysia belum bisa membuat kesimpulan karena prosesnya masih berlangsung," ungkap Iqbal.

Diketahui sebelumnya pada akhir Januari lalu, sejumlah media massa di Malaysia memberitakan, kepolisian setempat mengumumkan penemuan dua mayat di pinggir sungai.

Baca: Potongan Tangan di Plastik Diduga Milik Bos Tekstil Asal Bandung yang Diduga Dimutilasi di Malaysia

Dua korban ditemukan tanpa kepala dan kaki.

Korban yang terdiri dari jasad laki-laki dan perempuan disebut-sebut menjadi korban pembunuhan dan kemudian dibuang ke sungai.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved