BBC

'Saya mencuri Rp544 juta dari ibu untuk mendapatkan miliaran'

Seorang pemuda Inggris mendirikan perusahaan internet dari kamar tidurnya dengan biaya curian dari kartu kredit ibunya tanpa sepengetahuan sang

Acara mingguan BBC, The Boss, menampilkan beberapa pemimpin dalam dunia usaha. Pekan ini kami berbicara dengan wirausahawan teknologi, Andrew Michael.

Ketika Andrew berumur 17 tahun dia mengubah kehidupannya dengan membelanjakan £30.000 atau Rp544 juta dari kartu kredit ibunya tanpa sepengetahuannya.

Peristiwa itu terjadi pada 1997, saat dia masih tinggal di rumah ibunya di Cheltenham, Inggris barat. Apa motifnya? Peluang bisnis.

Andrew bermaksud membuat situs internet dengan seorang teman sekolah setelah menyadari bahwa hanya sedikit perusahaan jasa pembuatan laman internet yang menyasar usaha kecil dan menengah atau masyarakat awam.

"Semua perusahaan pembuat laman internet di Inggris saat itu menargetkan perusahaan yang jauh lebih besar," kata Andrew yang sekarang berumur 39 tahun.

"Tetapi kami melihat bahwa bisnis kecil dan perseorangan menginginkan sesuatu yang dapat dilakukan sendiri dan mudah digunakan."

Karena itulah dia dan temannya memutuskan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan mendirikan perusahaan pembuatan laman internet dan aplikasinya bernama Fasthosts.

"Kami memiliki komputer yang kami perlukan di kamar tidur saya di rumah ibu dan menciptakan perangkat lunaknya sendiri," katanya.

"Tetapi yang benar-benar kami perlukan adalah sambungan internet berkecepatan tinggi, yang pada masa itu luar biasa mahal. Biayanya sekitar £30.000, dan kami tidak mempunyai uang."

Karena tidak memiliki pilihan lain, Andrew menggunakan kartu kredit ibunya dan memesan perbaikan internet. "Kami memesannya di telepon," katanya.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved