Kali Ini Warga Jepang Marah Besar Atas Ucapan Ketua Dewan Nasional Korea

Abe juga mengungkapkan rasa aneh karena pihak Korea berulang kali mengucapkan hal tersebut.

Kali Ini Warga Jepang Marah Besar Atas Ucapan Ketua Dewan Nasional Korea
Richard Susilo
PM Jepang Shinzo Abe di dalam ruang parlemen Jepang 

 Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kali ini warga Jepang marah besar atas ucapan Ketua Dewan Nasional Korea Moon Hee-sang yang diucapkannya Kamis minggu lalu.

"Saya yakin banyak sekali warga Jepang marah sekali kali ini dengan ucapan tersebut dan kami meminta dia agar meminta maaf kepada rakyat Jepang segera," papar PM Jepang Shinzo Abe di dalam rapat anggota parlemen Rabu ini (13/2/2019).

Abe juga mengungkapkan rasa aneh karena pihak Korea berulang kali mengucapkan hal tersebut.

"Kami bingung mengapa berulang kali mengucapkan hal tersebut membuat kita sakit hati dan ini jelas tidak benar," tekannya lagi.

Kamis minggu lalu (7/2/2019) Moon mengatakan bahwa sebenarnya masalah Jugun Ianfu (wanita hiburan tentara Jepang) sebenarnya mudah sekali dibereskan kalau Kaisar Jepang mau meminta maaf kepada rakyat Korea.

"Ucapan tersebut gila banget sudah sangat keterlaluan, kita tidak bisa terima," papar Arinuma seorang pemilik Cleaning House di Tokyo kepada Tribunnews.com Rabu ini (13/2/2019).

Baca: Sandiaga Uno Dianggap Sandiwara saat Bertemu Petani Bawang di Brebes, Guntur Romli: Apa Gak Malu

Bahkan juga seorang petugas pompa bensin, Kunihara, juga menyatakan kemarahannya.

"Kalau mereka mengucapkan demikian, tidak ingat apa bantuan Jepang selama ini kepada Korea? Kembalikan tuh semua uang bantuan Jepang ke kita dong. Kurang ajar banget komentar orang parlemen Korea itu," paparnya dengan muka tegang kepada Tribunnews.com.

Menlu Jepang Taro Kono pun di sidang parlemen Jepang juga menekankan akan mengirimkan segera surat protes keras kepada Korea atas ucapan Moon tersebut dan memintanya untuk meminta maaf kepada rakyat Jepang.

Namun Moon kemarin (12/2/2019) dengan tegas menolak permintaan tersebut, "Saya tidak akan minta maaf apa-apa kepada Jepang. Kayak gitu saja dibesar-besarkan," papar Moon kepada pers.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved