BBC

Mengapa solusi krisis politik dan ekonomi di Venezuela 'tergantung' dengan militer

Institusi militer bisa memegang peran penting dalam mengatasi krisis politik dan ekonomi yang tengah mendera Venezuela. Ke mana militer akan

Sudah terjadi tiga usaha kudeta di Venezuela dalam 25 tahun terakhir dan sementara negara ini mengalami krisis ekonomi dan politik terburuk dalam sejarah, semua mata diarahkan ke militer.

Apakah institusi ini tetap akan setia kepada pemerintahan Presiden Nicolas Maduro atau berpindah dan mendukung pemimpin oposisi dan Juan Guaido yang menyatakan diri sebagai pemimpin sementara?

Maduro mengatakan dia adalah satu-satunya presiden yang sah.

Dia telah memutus hubungan dengan Amerika Serikat karena negara itu mendukung Guaido sebagai pemimpin peralihan.

Tetapi masa depannya masih belum jelas, bahkan setelah Menteri Pertahanan Vladimir Padrino Lopez -dalam usahanya untuk mengatasi kemungkinan pertanyaan tentang keberpihakan- mengutuk desakan Guaido agar mengubah dukungan.

"Tentara tidak menerima seorang presiden yang hadir karena kepentingan yang tidak jelas, atau pun mengangkat diri sendiri di luar prosedur hukum," katanya di Twitter.

Hubungan kuat dengan pemerintah

Vladimir Padrino López .
AFP
Menteri Pertahanan Vladimir Padrino Lopez dikenal dekat dengan Presiden Maduro.

Sekitar sepertiga anggota kabinet Maduro adalah anggota atau mantan anggota militer.

Meskipun konstitusi Venezuela menuntut angkatan bersenjata untuk tidak berpolitik, Menteri Pertahanan Padrino Lopez juga terkenal lewat tanda tangannya pada komunike: "Chavez hidup, tanah air terus ada. Kemerdekaan dan tanah air sosialis."

Padrino Lopez memulai karier sebagai kolonel angkatan darat yang setia kepada pemerintahan Hugo Chavez saat kudeta gagal tahun 2002.

Setelah itu dia menjabat kepala staf umum dan kemudian panglima angkatan bersenjata Venezuela, sampai dia diangkat menjadi menteri pertahanan Maduro pada tahun 2014.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved