BBC

Pengebom bunuh diri sasar Garda Revolusi Iran, kelompok Muslim Sunni klaim bertanggung jawab

Kelompok militan Muslim Sunni, Jaish al-Adl, mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri yang menyasar Garda Revolusi Iran sehingga

Setidaknya 27 anggota Garda Revolusi Iran meninggal dunia dalam serangan bom diri di Iran tenggara, lapor media resmi negara itu, Irna.

Pelaku menyerang bus yang mengangkut para personel Garda Revolusi di jalan Khash-Zahedan, Provinsi Sistan-Baluchistan, di dekat perbatasan dengan Pakistan pada Rabu (13/02).

Sumber-sumber yang dikutip Irna mengatakan sedikitnya 20 personel Garda Revolusi juga mengalami luka.

Kelompok Muslim Sunni, Jaish al-Adl (Tentara Keadilan), mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri tersebut.

Jaish-ul Adl mengangkat senjata sejak 2012 untuk memperjuangkan yang mereka sebut hak-hak warga Iran beraliran Sunni. Mereka mengklaim mengalami diskriminasi di tangan penguasa Syiah.

'Teroris takfiri'

Garda Revolusi di wilayah Iran tenggara mengeluarkan pernyataan yang mengungkapkan bahwa satu unit angkatan daratnya sedang dalam perjalanan dari wilayah perbatasan pada Rabu (13/02) ketika mobil berisi bom meledak di samping bus.

Puing
AFP
Kantor berita Iran Fars menerbitkan foto yang dikatakan sebagai foto puing-puing bus yang disasar pengebom bunuh diri.

Garda Revolusi menuding para "teroris takfiri dan tentara bayaran badan-badan intelijen dari penguasa hegemoni". "Takfiri" adalah istilah yang digunakan untuk menyebut ekstremis Sunni yang menganggap pemeluk bukan Sunni sebagai kafir.

Dalam pernyataan itu tidak dirinci siapa yang dimaksud dengan "penguasa hegemoni", tetapi Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, mengaitkan pengeboman itu dengan pertemuan yang disponsori oleh Amerika Serikat tentang keamanan Timur Tengah di Warsawa, Polandia. Dalam pertemuan dibahas pula aktivitas Iran di kawasan Timur Tengah.

"Bukankah kebetulan Iran diguncang teror di hari yang sama dengan hari pertama #WarsawCircus?" Demikian cuitan Mohammad Javad Zarif, Rabu.

https://twitter.com/JZarif/status/1095731320880271363

Halaman
12
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved