BBC

Kronologi dan pemetaan aksi penembakan jemaah dua masjid di Christchurch, Selandia Baru

Sebanyak 49 orang meninggal dunia dalam aksi penembakan terhadap para jemaah dua masjid di Christchurch, Selandia Baru. Ini yang kami ketahui:

Sebanyak 49 orang meninggal dunia dan 48 lainnya cedera dalam peristiwa penembakan terhadap jemaah dua masjid yang tengah menunaikan ibadah salat Jumat di Christchurch, Selandia Baru, (15/3).

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, menyebut kejadian itu sebagai salah satu "hari terkelam" negara tersebut.

Inilah yang kami ketahui sejauh ini tentang serangan itu.

Map of attacks
BBC

Penembakan pertama berlangsung di Masjid Al Noor, di pusta kota Christchurch.

Seorang pria bersenjata yang menggunakan nama Brendon Tarrant menyiarkan secara langsung aksi penembakan melalui Facebook dengan perangkat kamera yang dapat dipasang di kepala.

Tayangan menunjukkan pria itu menembaki pria, perempuan, dan anak-anak di dalam masjid dari jarak dekat menggunakan senjata api semi-otomatis.

Tayangan tersebut dimulai dari kawasan industri di Leslie Hills Drive, sebelah barat Masjid Al Noor.

Tampak dia mengendarai mobil dari Mandeville Street dan Blenheim Road menuju pusat kota kemudian berbelok ke utara menuju Deans Avenue.

Beberapa menit kemudian dia memarkir mobil di jalur sebelah masjid dan menempatkan kendaraan menghadap Deans Avenue.

Sang tersangka keluar dari mobil, memilih senjata dari dalam bagasi, dan berjalan menuju gedung sembari melepaskan tembakan ke arah jemaah.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved