7 Pelajar SMP, 74 Siswa SMA dan 100 Mahasiswa Pecandu Narkoba di Jepang Ditangkap Polisi

Sedikitnya 3.500 pecandu narkotika khususnya ganja telah ditangkap polisi, termasuk 7 murid SMP, 74 SMA dan 100 mahasiswa Jepang.

7 Pelajar SMP, 74 Siswa SMA dan 100 Mahasiswa Pecandu Narkoba di Jepang Ditangkap Polisi
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Markas Besar Kepolisian Jepang di Kasumigaseki Tokyo 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sedikitnya 3.500 pecandu narkotika khususnya ganja telah ditangkap polisi, termasuk 7 murid SMP, 74 SMA dan 100 mahasiswa Jepang.

"Tahun lalu sedikitnya 3.500 orang pengguna ganja telah ditangkap polisi mulai dari yang menanam ganja sampai menggunakan dan mengisap ganja," ungkap sumber Tribunnews.com, Kamis (28/3/2019).

Data kepolisian memperlihatkan 3.578 orang selama tahun 2018 telah ditangkap oleh pihak kepolisian di berbagai tempat di Jepang.

Jumlah ini tercatat 570 orang lebih banyak dibandingkan tahun 2017 lalu.

"Yang menyedihkan kami adalah keterlibatan anak SMP sudah mulai banyak mengisap ganja di Jepang," kata dia.

Pendataan kepemilikan dan pengguna ganja di Jepang terdata sejak tahun 1959 dan sejak tahun 2014 tampak adanya peningkatan cukup besar.

Baca: Jepang Perketat Masuknya Tenaga Kerja Asing Mulai April 2019, Gaji akan Disamakan dengan Warga Lokal

Anak muda adalah jumlah paling banyak yaitu 3.051 orang atau sekitar 85 persen dari keseluruhan pengguna ganja yang ditangkap polisi.

"Ada kesalahpahaman di masyarakat mungkin kalau pakai ganja tak apa karena tidak bahaya dan lemah, khususnya bagi anak-anak muda usia SMP dan SMA sehingga kini kecenderungan jumlah penggunanya meningkat, ujar dia.

Oleh karena itu pihak kepolisian merencanakan dengan pihak sekolah kemungkinan akan melakukan sosialisasi menjelaskan lebih dalam mengenai ganja dan dampak serta hukumannya yang cukup berat di Jepang bagi pengguna narkoba.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved