BBC

Presiden Macron berjanji akan membangun kembali Notre-Dame dengan 'lebih indah'

Presiden Prancis Emmanuel Macron berjanji membangun kembali Notre-Dame dalam waktu lima tahun sementara para ahli menyatakan butuh waktu lebih

Presiden Prancis Emmanuel Macron meyatakan Katedral Notre-Dame akan dibangun "lebih indah" dan ia ingin agar pembangunan itu selesai dalam lima tahun.

Api besar menghabiskan bangunan bergaya Gothic berusia 850 tahun itu, menghancurkan sebagian besar atap dan menara katedral itu hingga runtuh.

Namun menurut para ahli, rekonstruksi Notre-Dame bisa memakan waktu hingga beberapa dekade.

Lima puluh orang penyelidik akan meneliti penyebab kebakaran itu.

Kepala kejaksaan Paris Rémy Heitz menyatakan tidak ada indikasi nyata bahwa kebakaran itu disengaja, dan saat ini kebakaran tersebut dianggap kecelakaan.

Total 800 juta euro telah dijanjikan oleh beberapa perusahaan dan taipan untuk membangun kembali situs warisan dunia yang masuk daftar Unesco tersebut.

Apa kata Macron?

Dalam pidatonya di televisi, Macron menyatakan ia ingin Notre-Dame dibangun kembali saat Paris menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas tahun 2024.

"Kita akan membangun kembali Notre-Dame dengan lebih indah dan saya ingin itu selesai dalam lima tahun. Kita bisa melakukannya," kata Macron yang sudah berikrar akan membuat skema pencarian dana internasional untuk rekonstruksi ini.

"Tergantung kita untuk mengubah bencana ini menjadi kesempatan," kata Macron lagi.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved