Jamin Kerjasama dengan Negara Berkembang, Xi Jin Ping Terapkan Zero Tolerance terhadap Korupsi

Ia pun berjanji menerapkan standar tinggi dalam upaya untuk meminimalisir keluhan terkait proyek yang dianggap menelan biaya hingga miliaran dolar

Jamin Kerjasama dengan Negara Berkembang, Xi Jin Ping Terapkan Zero Tolerance terhadap Korupsi
Ist
Presiden Tiongkok Xi Jinping membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kedua Belt and Road Forum (BRF) untuk Kerjasama Internasional di China National Convention Center (CNCC), Beijing, Tiongkok, Jumat (26/4/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Presiden Tiongkok Xi Jinping kini tengah berusaha untuk menghilangkan kekhawatiran terkait Belt and Road Initiative (BRI).

 Pernyataan tersebut ia sampaikan saat membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kedua Belt and Road Forum yang digelar di China National Convention Center (CNCC), Beijing, Tiongkok, Jumat (26/4/2019).

 "Segala sesuatu harus dilakukan secara transparan dan kita tidak boleh berikan toleransi pada korupsi," ujar Xi.

 Ia pun berjanji menerapkan standar tinggi dalam upaya untuk meminimalisir keluhan terkait proyek yang dianggap menelan biaya hingga miliaran dolar dan membebani utang terlalu banyak bagi negara berkembang.

 Dalam pidatonya, Xi tampak menghindari pembahasan mengenai 'keluhan utang', namun ia menekankan bahwa negaranya menginginkan kerjasama yang terbuka dan bersih lantaran menerapkan 'zero toleransi' terhadap korupsi.

 Mendengar pidatonya yang membawa angin segar bagi negara-negara berkembang, para kepala negara, pemerintah serta delegasi lainnya yang hadir pun menyambut inisiatif tersebut.

 Inisiatif itu diharapkan akan memperluas perdagangan melalui kerjasama dalam pembangunan jalan, pelabuhan serta fasilitas lainnya di Asia dan Afrika menuju Eropa.

Baca: KTT Kedua Belt and Road Forum, Xi Jinping Dorong Peningkatan Peluang Kerjasama Berkualitas Tinggi

 Dalam KTT tersebut, hadir kepala negara dan pemerintah dari 37 negara serta perwakilan lainnya dari seluruh dunia.

KTT itu sedianya berlangsung selama 3 hari, yakni mulai 25 hingga 27 April besok.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) juga telah menghadiri KTT itu, ia dijadwalkan akan memberikan pidatonya mengenai SDG's pada sesi ketiga untuk hari terakhir, yakni Sabtu esok.

Perlu diketahui, Belt and Road Forum (BRF) merupakan platform level atas untuk mewadahi kerjasama internasional di bawah kerangka kerja Belt and Road Initiative (BRI) yang awalnya diusulkan oleh Xi Jinping pada 2013 silam.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved