Bertemu Wakil PM Malaysia, Indonesia Sepakati Penyelesaian Isu Sawit Melalui Jalur WTO

Lebih jauh, JK mengatakan, Indonesia dan Malaysia bersepakat untuk membawa penyelesaian kelapa sawit tersebut ke WTO.

Bertemu Wakil PM Malaysia, Indonesia Sepakati Penyelesaian Isu Sawit Melalui Jalur WTO
Setwapres.ID
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla melakukan pertemuan billateral dengan Wakil PM Malaysia Wan Azizah Wan Ismail di Hotel Beau Rivage Jenewa, Swiss, Rabu, 15 Mei 2019, pukul 10.15 Waktu Setempat.

TRIBUNNEWS.COM, JENEWA - Diawal lawatan di Jenewa, Swiss, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla melakukan pertemuan dengan Wakil PM Malaysia Wan Azizah Wan Ismail di Hotel Beau Rivage Jenewa, Swiss, Rabu, 15 Mei 2019, pukul 10.15 Waktu Setempat.

Wapres menyampaikan, Wakil PM Malaysia mengajak Indonesia meningkatkan kampanye bersama untuk penyelesaian kasus kelapa sawit, serta berperan aktif dalam kampanye anti diskriminasi kelapa sawit oleh Uni Eropa.

Menanggapi hal itu, JK menjelaskan, Pemerintah Indonesia tengah mempersiapkan penyampaian pengaduan Dispute Settlement Body WTO yang akan diawali dengan proses perundingan terlebih dulu dalam waktu 60 hari.

Baca: Di Paris, Wapres JK Pidato soal Generasi Muda yang Terpapar Paham Radikal Melalui Internet

Lebih jauh, JK mengatakan, Indonesia dan Malaysia bersepakat untuk membawa penyelesaian kelapa sawit tersebut ke WTO.

“(Untuk) Indonesia dan Malaysia (sawit) juga salah satu produk yang penting. Malaysia juga sama, antara nomor 1 atau nomor 2 produsen (sawit) di dunia," terang JK.

Pertemuan kepala negara tersebut berlangsung sekitar 30 menit.

Selain membahas isu sawit, negara serumpun ini pula berbicara terkait isu seputar perlindungan WNI/TKI, peningkatan ekonomi dan perdagangan, bahkan isu kemanusiaan..

Wapres JK didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir dan Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved