Warga Jepang Kecewa Tak Bisa Lihat Pertandingan Sumo Gara-gara Kehadiran Presiden Trump

Penggemar sumo khususnya penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda tidak boleh masuk lokasi pertandingan sumo tersebut.

Warga Jepang Kecewa Tak Bisa Lihat Pertandingan Sumo Gara-gara Kehadiran Presiden Trump
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Pengetatan lokasi tempat tinggal rombongan Presiden AS Donald Trump di Tokyo. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Presiden Amerika Serikat Donald Trump tiba di Bandara Haneda Tokyo disambut Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono di tangga pesawat Airforce One bersama sang istri, Melania Trump, Sabtu (25/5/2019) sekitar jam 18.00 waktu Jepang.

Dari bandara rombongan kemudian menuju kedutaan Amerika di Toranomon Tokyo dan disambut banyak pengusaha Jepang di dalam kedutaan tersebut.

"Kami berharap di masa Reiwa ini bukan hanya hubungan yang lebih baik kedua negara tetapi juga perdagangan yang fair dengan Jepang untuk mengurangi defisit perdagangan yang ada serta ajakan kami kepada Jepang untuk investasi lebih banyak lagi ke Amerika," kata Presiden Donald Trump dalam sambutannya, Sabtu (25/5/2019) malam.

Tampak Trump dengan wajah lelah memberikan sambutan tersebut didampingi istrinya, Melania Trump. Tak lama meninggalkan kedutaan dan menuju lokasi hotelnya di dekat kedutaan tersebut.

Minggu (26/5/2019) pagi, Trump bersama PM Jepang Shinzo Abe bermain golf di Kota Mobara Perfektur Chiba, lalu makan siang bersama dan sore hari melihat pertandingan Sumo di Ryogoku Tokyo.

"Gara-gara Trump datang kami tak bisa lihat sumo. Apa boleh buat Presiden Amerika ya yang datang," kata Takahashi, seorang pecinta Sumo kepada Tribunnews.com, Minggu (26/5/2019).

Bendera Amerika Serikat menghiasi jalan-jalan di Tokyo (kanan) dan iluminasi lampu Sky Tree dengan gambar bendera AS selama kunjungan Presiden Trump ke Tokyo.
Bendera Amerika Serikat menghiasi jalan-jalan di Tokyo (kanan) dan iluminasi lampu Sky Tree dengan gambar bendera AS selama kunjungan Presiden Trump ke Tokyo. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Demi keamanan di lokasi ring pertandingan sumo, tidak sedikit kursi harus dikosongkan dan dijaga ketat dengan para petugas keamanan kedua negara.

Penggemar sumo khususnya penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda tidak boleh masuk lokasi pertandingan sumo tersebut karena berada di dekat tempat duduk kedua kepala negara.

"Saya sih tak akan peduli dengan adanya Presiden Trump karena saya memang ke sana hanya untuk nonton Sumo bukan nonton dia," sindir Fukushima (83), seorang penyandang disabilitas penggemar sumo.

Tapi karena dilarang masuk, Fukushima pun pasrah tak hadir di pertandingan sumo hari Minggu ini.

Sementara empat kursi utama di pinggir depan ring sumo disiapkan untuk kedua kepala negara beserta istri.

Dalam pertandingan sumo kali ini ada hadiah khusus dari Trump, bagi pemenangnya nanti akan memperoleh Piala (tropi) Presiden Amerika sebagai tanda persahabatan dengan Jepang.

Piala (tropi) pertama dalam sejarah sumo di Jepang diberikan dengan tinggi sekitar 1,5 meter.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved