Ilmuwan Temukan Fosil Langka Reptil Laut Berekor Panjang

Ilmuwan Alaska berhasil menemukan sebuah fosil langka yang berasal dari jaman prasejarah reptil laut

Ilmuwan Temukan Fosil Langka Reptil Laut Berekor Panjang
Reuters
Sisa tulang belulang dari reptil langka yang hidup di laut, thalattosaur, dan ditemukan di Alaska, Amerika Serikat.

TRIBUNNEWS.COM - Ilmuwan Alaska berhasil menemukan sebuah fosil langka yang berasal dari jaman prasejarah reptil laut dan mirip dengan sisa hewan yang pernah ditemukan di Amerika Utara. Demikian ditulis Reuters, Sabtu (30/7/2011).

Tulang itu sudah hampir utuh dan merupakan rangka dari thalattosaur, mahluk laut dengan ekor panjang dan memenuhi air dangkal dan hangat pada zaman awal dari dinosaurus dan menghilang pada akhir periode Triassic sekitar 200 juta tahun lalu.

Penemuan fosil ini ditemukan saat pasang yang sangat rendah di pantai Tongass National Forest serta diumumkan oleh Museum of the North di University of Alaska, Fairbanks.

"Kami baru saja menghabiskan waktu dengan menenggak kopi ketika tiba-tiba seseorang mengatakan hei apa itu," kata Jim Baichtal, ahli geologi dari U.S. Forest Service's Tongass, yang mengepalai penelitian ini.

Para ahli geologi selama ini sudah melakukan survei di lokasi ini sebelumnya di mana fosil itu ditemukan. Tidak seperti penemuan thalattosaur yang lain, fosil ini merupakan sisa dari tulang belulang satu indivisu dan spesies ini hampir satu badan. "Di Afrika Utara, ini mungkin spesimen yang paling lengkap kami punya sekarang," kata Baichtal.

Penulis: Widiyabuana Slay
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved