Sabtu, 28 Maret 2015
Tribunnews.com

Gempa di AS Akibat Ulah Manusia

Jumat, 20 April 2012 05:12 WIB

Gempa di AS Akibat Ulah Manusia
SERAMBI INDONESIA/KHALIDIN
ILUSTRASI

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Jumlah gempa di Amerika Serikat (AS) beberapa waktu terkahir semakin meningkat.

Hasil penelitian para ahli menunjukkan, gempa ini terjadi akibat ulah manusia. Penelitian itu menunjukkan, gempa di dekat pembuangan limbah air bawah tanah dari pengeboran minyak dan gas, ternyata menyebabkan patahan geologi bergeser. Rata-rata gempa yang terjadi berkekuatan 3,0 pada skala Richter (SR).

Gempa ini terjadi di bagian tengah AS, termasuk Arkansas, Kolorado, Oklahoma, New Mexico, dan Texas. Menurut ilmuwan di US Geological Survey (USGS), rata-rata jumlah gempa yang ada meningkat enam kali lipat sejak abad 20.

Seperti diwartakan Straits Times, Kamis (19/4/2012), penelitian para ilmuwan ini tak secara gambling mengaitkan peningkatan aktivitas gempa dengan hydraulic fracturing (HF), aksi yang melibatkan memompa air dan bahan kimia ke bawah formasi batuan, untuk mengekstrak gas dan minyak.

Namun, limbah air yang muncul dari aksi ini memang berperan dalam memicu pergeseran patahan geologi dan menyebabkan gempa.

Hasil penelitian ini seakan 'membenarkan' isu yang beberapa waktu lalu ramai dibicarakan di dunia maya, yang menyatakan gempa yang mengakibatkan tsunami di Aceh pada 26 Desember 2004 silam, adalah hasil rekayasa senjata thermonuklir AS yang diujicobakan.

Pada forum di Kaskus ditulis, M Dzikron AM, dosen Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung (Unisba) menjelaskan hipotesa tentang hal ini.

Halaman12
Penulis: Yaspen Martinus
KOMENTAR

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas