Home »

Techno

»

Tekno

Cyber

QBaca, Aplikasi Buku Digital dari Telkom

Inilah QBaca, sebuah aplikasi yang memberikan layanan buku digital dari Telkom.

QBaca, Aplikasi Buku Digital dari Telkom
istimewa
QBaca, buku digital dari Telkom

Laporan Wartawan Tribunnews, Agustina NR

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
Tak dipungkiri, era teknologi berkembang pesat. Cepat atau lambat, barang konvensional, maupun teknologi lama digantikan dengan teknologi baru.

Hal ini terjadi pula di dunia tulis menulis, terutama percetakan buku. Ditambah lagi, masyarakat banyak yang beralih ke smartphone dalam dua tahun terakhir. Salah satu penyedia layanan telekomunikasi milik BUMN, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), akhirnya melihat peluang tersebut dengan merilis "QBaca" (baca: Kubaca). Sebuah aplikasi yang memberikan layanan buku digital.

"Kami tergerak membangun ekosistem, salah satunya kami membuat ekosistem edukasi. Di dalamnya ada penerbit, penulis, dan pembaca, ketiga ini harus dibangun," ujar Achmad Sugiarto, Executive General Manager Divisi Multimedia Telkom, Senin (19/11/2012), dalam acara 32rd Indonesia Book Fair, di Jakarta.

Menurut Anto, sapaan Achmad Sugiarto, Telkom harus melakukan transformasi teknologi. Telkom memberikan sebuah aplikasi yang menggabungkan antara edukasi dan entertainment (hiburan) dalam QBaca.

Aplikasi ini terdiri dari buku edukasi (pelajaran) dan buku populer (novel) dari dalam negeri. QBaca yang baru diluncurkan pada 9 November lalu telah menyediakan sekitar 500 judul buku.

"Kami telah bekerjasama dengan tiga penerbit, Mizan, Grafindo, dan Buku Sekolah Elektronik atau BSE."

Hingga akhir tahun, QBaca berencana menambah dua penerbit buku untuk begabung, serta menargetkan satu juta buku sampai tahun depan, dan memerluas jangkauan bagi pengguna platform selain Android.

Anto mengharapkan pengguna QBaca dapat mengunduh buku secara gratis melalui platform Android. Tetapi ada beberapa buku yang berbayar, tergantung kesepatakan penerbit. Sedangkan pembayarannya bisa menggunakan kartu debit maupun debit.

"Kami lagi memperkaya konten dulu dan akan memajukan buku dalam negeri, penerbit luar tidak ada," tutupnya.

Klik TRIBUN JAKARTA Digital Newspaper
(Berita, artikel dan foto-fotonya dijamin WOW!)

Baca Artikel Menarik Lainnya

Penulis: Agustina Rasyida
Editor: Agung Budi Santoso
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help