• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribunnews.com

Gerhana Matahari Cincin akan Terjadi pada 9-10 Mei

Senin, 6 Mei 2013 03:43 WIB
Gerhana Matahari Cincin akan Terjadi pada 9-10 Mei
NET
Gerhana Matahari Cincin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana Matahari Cincin (GMC) diprediksi terjadi pada 9-10 Mei 2013.

Berdasarkan publikasi BMKG yang dikutip Tribunnnews.com, Senin (6/5/2013), GMC bisa diamati dari Samudera Pasifik, Australia, Singapura, Indonesia (kecuali Sumatera Utara), dan Filipina bagian selatan.

Di Indonesia, kecuali Sumatera Utara, bakal terjadi Gerhana Matahari Sebagian (GMS) pada 10 Mei 2013, yang dapat disaksikan pada pagi hari.

BMKG menjelaskan, fase GMC di setiap lokasi bisa berbeda, tergantung posisi lokasi pengamat di permukaan Bumi, serta posisi Bulan dan Matahari nisbi terhadap posisi pengamat.

Di Indonesia, gerhana mulai dapat terlihat di Kupang, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Merauke, dan Jayapura. Selain Kupang dan Manado, masyarakat di enam daerah lain bisa menyaksikan puncak gerhana hingga gerhana berakhir.

Puncak gerhana juga bisa dilihat di Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, dan Makassar.

Sedangkan gerhana berakhir bisa dilihat di Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, serta Makassar.

Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bulan, sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Tahun ini, BMKG telah memerediksi bakal terjadinya lima kali gerhana. Rinciannya, dua kali Gerhana Matahari, dan tiga kali Gerhana Bulan.

Gerhana Matahari yang bakal terjadi berupa GMC pada 9-10 Mei 2013 dan Matahari Cincin (MC) yang terjadi pada 3 November 2013.

Sedangkan Gerhana Bulan Sebagian sudah terjadi pada 25 April 2013, Gerhana Bulan Panumbra diprediksi pada 25 Mei 2013, dan Gerhana Bulan Penumbra pada 18-19 Oktober 2013. (*)

Penulis: Yaspen Martinus
0 KOMENTAR
1749961 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas