• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

Peluncuran BBM untuk Android dan iPhone Belum Jelas

Senin, 1 Juli 2013 09:09 WIB
Peluncuran BBM untuk Android dan iPhone Belum Jelas
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Seorang model memperkenalkan BlackBerry Q10 saat peluncuran produk tersebut di Hotel Hilton, Kota Bandung, Selasa (4/6/2013). Smartphone terbaru BlackBerry yang dilengkapi keyboard QWERTY ini akan mulai dipasarkan di Indonesia pada 27 Juni 2013 mendatang. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN

TRIBUNNEWS.COM - BlackBerry mulai memberi petunjuk soal kedatangan aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) untuk perangkat Android dan iPhone.

Dalam rapat laporan keuangan kuartal pertama 2013, Jumat (28/6/2013), CEO BlackBerry Thorsten Heins menyatakan, BBM di Android dan IOS akan dirilis "sebelum musim panas berakhir". Tetapi, ia tak menyebut tanggal pasti peluncuran BBM di kedua platform kompetitornya itu.

Di Kanada, lokasi kantor pusat BlackBerry, musim panas berlangsung mulai Juni hingga November. Waktu musim panas ini tak jauh berbeda dengan beberapa wilayah di Amerika Serikat.

Ini berarti, BBM akan tersedia di Android dan iPhone paling lambat bulan Oktober atau November mendatang. Meski tak menutup kemungkinan, bulan Agustus atau September. Heins sendiri pernah menjanjikan aplikasi tersebut akan dirilis pada Juli 2013.

BlackBerry telah membuat halaman situs web khusus yang memberi informasi soal kedatangan aplikasi BBM di Android dan iOS. Anda bisa mengunjungi situs web itu dengan mengklik tautan ini. Dengan memasukkan alamat e-mail, Anda akan mendapat informasi kedatangan aplikasi BBM.

Aplikasi BBM bakal bisa berjalan di perangkat dengan sistem operasi iOS versi 6 ke atas dan Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke atas. Pengguna dapat memanfaatkan BBM untuk mengirim pesan teks, foto, voice note, serta membuat grup diskusi berisi 30 kontak.

Pengguna Android dan iOS dapat menambah kontak BBM melalui PIN, e-mail, atau dengan memindai QR code. Pada masa mendatang, BlackBerry berencana memperkaya fitur BBM di Android dan iOS dengan menghadirkan fitur BBM Voice, BBM Video, dan BBM Channel.

BlackBerry mengklaim, BBM kini dipakai oleh 60 juta pengguna aktif bulanan. Lebih dari 51 juta orang menggunakan BBM, rata-rata selama 90 menit per hari. Setiap harinya, ada 10 miliar pesan yang dikirim dan diterima pelanggan BBM. BlackBerry mengklaim jumlah ini dua kali lebih banyak dari pesan yang dikirim dan diterima aplikasi pesan instan lain.(Aditya Panji/Kompas.com)

Editor: sanusi
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1969481 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas