Ini Alasan Mengapa Kucing di Rumah Anda Gemar Lakukan Peregangan Tubuh

Saat terbangun, kucing biasanya mulai melakukan peregangan badan.

Ini Alasan Mengapa Kucing di Rumah Anda Gemar Lakukan Peregangan Tubuh
GOOGLE IMAGES
Kucing rajin melakukan peregangan badan setiap bangun tidur. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-  Jika ada lomba peregangan tubuh, maka sudah pasti kucinglah pemenangnya. Jika sering memerhatikan kucing, pasti Anda akan menyadari bahwa kucing suka sekali meregangkan tubuhnya. Apa sih penyebab kucing hobi meregangkan tubuhnya?

Menurut Andrew Cuff dari Royal Veterinary College di London, alasannya tidak jauh beda dengan alasan manusia meregangkan tubuh, yaitu karena terasa enak.

Selain itu, peregangan juga memberi efek meningkatkan aliran darah.

Umumnya, seekor kucing tidur selama 12 sampai 16 jam, atau sekitar dua kali lipat waktu tidur manusia.

Saat manusia tertidur, otak melumpuhkam sebagian besat otot-otot tubuh untuk mencegah tubuh bereaksi pada mimpi.

Hal yang sama juga terjadi pada kucing, otot-otot mereka dilumpuhkan agar mereka tidak melakukan terlalu banyak gerakan, misalnya saja berjalan sambil tidur.

Saat mereka terbangun, mulailah mereka melakuka peregangan.

"Kucing meregangkan tubuh untuk membuat otot-otot mereka bergerak lagi setelah otot mereka tidak bergerak saat mereka duduk atau tertidur," jelas Cuff seperti dilansir Live Science.

Saat kucing tertidur atau beristirahat, tekanan darah mereka akan menurum. Hal yang sama juga terjadi pada manusia dan peregangan bisa membantu menaikan tekanan darah.

”Meregangkan tubuh mengaktifkan semua otot dan meningkatkan tekamam darah, yang juga meningkatkan alir darah di otot dan juga otak. Ini membantu kita untuk bangun dan lebih waspada,” sebut Cuff.

Peregangan juga membantu membuang racun, misalnya saja, karbon dioksida dan asam laktat bisa menumpuk di tubuh kucing, tapi dengan peregangan, aliran darah dan sirkulasi getah bening yang membantu membuang racun.

Yang paling penting, peregangan membuat tubuh lebih siap untu bergerak. Jika seekor tikus lewat, maka kucing akan selalu siap untuk menerkamnya.

Penulis: Agra Winona l Intisari

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved