Bahaya! Air Isi Ulang Tercemar Bakteri Ecoli

Bagi masyarakat yang mengonsumsi air minum isi ulang, haruslah hati-hati. Karena di dalam air gunung itu mengandung bakteri ecoli penyebab diare.

Bahaya! Air Isi Ulang Tercemar Bakteri Ecoli
WARTA KOTA

TRIBUNNEWS.COM - Bagi masyarakat yang mengonsumsi air minum isi ulang, haruslah hati-hati. Karena di dalam air gunung itu mengandung bakteri ecoli, yang bisa menyebabkan diare bagi yang mengonsumsi.

Demikian hasil uji laboratorium Dinas Kesehatan Kota Tangerang, terkait air isi ulang yang digunakan Pondok Pesantren Asshidiqiyah Batuceper. Seperti diketahui, pekan lalu, sekitar 104 orang siswa/siswi pondok pesantren itu mengalami sakit mual, muntah, dan lemas, setelah mengonsumsi jajanan berbahan dasar air seperti es.

"Setelah kami mengambil contoh jajanan berbahan dasar air seperti es batu, es mambo, es cincau, dan es teh, di dalam pondok pesantren itu, yang berasal dari air isi ulang, ternyata mengandung bakteri ecoli," ucap Suhardiman, Kepala Seksi Pengamatan Penyakit dan Imunisasi Dinkes Kota Tangerang, Kamis (15/12).

Apa yang menyebabkan bakteri ecoli itu ada di dalam jajanan berbahan dasar air itu, Suhardiman, tidak tahu persis. "Untuk depo air isi ulang memang kami belum melakukan uji lab, tapi untuk sementara kami melihat kondisi sanitasi di Pondok Pesantren Asshidiqiyah memang sangat buruk," ucapnya.

Ditambahkan oleh Wibisono, Sekretaris Dinas Kesehatan, untuk mengantisipasi peristiwa serupa tidak terulang, maka akan dilakukan penyuluhan kepada penyedia makan dan minuman di pondok pesantren itu, memperbaiki saluran air, dan penyuluhan kepada guru dan murid mengenai prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Untuk uji lab air isi ulang belum kami lakukan, nanti baru kami lakukan. Tunggu saja," ujar Wibisono.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help