Amankah Mengonsumsi Vitamin E Dalam Waktu Lama?

Apakah mengonsumsi vitamin E yang dijual bebas di pasaran dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan efek samping?

Amankah Mengonsumsi Vitamin E Dalam Waktu Lama?
NET

TRIBUNNEWS.COM - Vitamin E dipercaya mampu menambah kecantikan, karena manfaatnya bagi kesehatan kulit. Namun, apakah mengonsumsi vitamin E yang dijual bebas di pasaran dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan efek samping?

Kadir Pelayanan RS Bumi Warasm dr Arief Yulizar Mars mengingatkan, jika vitamin E dikonsumsi akan menyebabkan terjadinya hipervitaminosis vitamin E.

"Pemberian vitamin E jangka panjang dapat menyebabkan terjadinya hipervitaminosis vitamin E, yang menjadi tidak baik untuk tubuh. Dimana kita ketahui vitamin A, D, E dan K tidak larut dalam air," jelasnya.

Tapi bila diberikan melalui mulut/peroral maka usus dapat menghambat penyerapan vitamin E bila tubuh sudah tidak membutuhkan lagi.

Apa sih manfaat Vitamin E? Wikipedia melansir, vitamin E berguna untuk  meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi stres, meningkatkan kesuburan, meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner.

Vitamin ini juga  berperan sangat penting bagi kesehatan kulit, yaitu dengan menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Vitamin E berfungsi sebagai Antioksidan. Semua vitamin E adalah antioksidan dan terlibat dalam banyak proses tubuh dan beroperasi sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help