• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribunnews.com

Apa Penyebab Benjolan di Kelopak Mata?

Jumat, 27 Januari 2012 19:49 WIB
Apa Penyebab Benjolan di Kelopak Mata?
forumnova.tabloidnova.com

TRIBUNNEWS.COM - Seorang ibu bertanya pada konsultasi dokter tentang benjolan kecil yang ada di kelopak mata anaknya yang berusia 2 tahun. Apakah penyebabnya? Berbahayakah? Simak penjelasan dr Amran Harun SpA, Spesialis Anak RS Graha Husada Bandar Lampung.

Menurut Amran, benjolan pada mata atau dalam bahasa kedokteran disebut hordeolum, memang dapat menyerang siapa saja, mulai anak-anak hingga orangtua.

Hordeolum adalah infeksi atau peradangan pada kelenjar di tepi kelopak mata bagian atas maupun bagian bawah yang disebabkan oleh bakteri, biasanya oleh kuman Stafilokokus (Staphylococcus aureus). Hordeolum dapat timbul pada 1 kelenjar kelopak mata atau lebih. Kelenjar kelopak mata tersebut meliputi kelenjar Meibom, kelenjar Zeis dan Moll.

Berdasarkan tempatnya, hordeolum terbagi menjadi 2 jenis yakni hordeolum interna, terjadi pada kelenjar Meibom. Pada hordeolum interna ini benjolan mengarah ke konjungtiva (selaput kelopak mata bagian dalam).

Hordeolum eksterna, terjadi pada kelenjar Zeis dan kelenjar Moll. Benjolan nampak dari luar pada kulit kelopak mata bagian luar (palpebra).

Tanda-tanda hordeolum sangat mudah dikenali, yakni nampak adanya benjolan pada kelopak mata bagian atas atau bawah, berwarna kemerahan. Adakalanya nampak bintik berwarna keputihan atau kekuningan disertai dengan pembengkakan kelopak mata.

Pada hordeolum interna, benjolan akan nampak lebih jelas dengan membuka kelopak mata. Keluhan yang kerap dirasakan oleh penderita hordeolum diantaranya rasa mengganjal pada kelopak mata, nyeri takan dan makin nyeri saat menunduk. Kadang mata berair dan peka terhadap sinar.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Lampung
KOMENTAR
213502 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas