• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Tribunnews.com

Cara Pakai Kondom yang Baik

Rabu, 29 Februari 2012 17:26 WIB
Cara Pakai Kondom yang Baik
Sehat News
ilustrasi Kondom

TRIBUNNEWS.COM - Penyepelean cara pakai kondom saat berhubungan badan kerap dilakukan banyak orang. Padahal, jika dipakai secara benar dan konsisten, kondom bisa melindungi diri dari infeksi menular seksual serta kehamilan yang tak diinginkan.

Kesalahan yang paling umum terjadi adalah baru memakai kondom saat penetrasi sudah terjadi, melepaskan kondom saat masih berhubungan seksual, atau lupa memeriksa ada tidaknya kerusakan pada kemasan atau kondisi kondomnya. Kesalahan-kesalahan ini bisa menyebabkan kondom robek atau bocor.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa kondom bisa mencegah kehamilan sampai 98 persen. Angka kegagalan kondom dalam mencegah kehamilan sekitar 15 persen.

Kesalahan yang kerap dilakukan para pemakai kondom itu dicatat oleh peneliti dari The Kinsey Institute for Research in Sex, Gender, and Reproduction, Universitas Indiana. Mereka melakukan analisis terhadap 50 penelitian mengenai kondom.

Kesalahan dalam pemakaian yang juga sering terjadi adalah membuka gulungan kondom sebelum dipakai dan bukannya langsung memasangkannya di penis. Sekitar seperempat responden juga mengatakan, mereka sering lupa menyisakan ruang di ujung kondom untuk cairan mani.

Dilansir Livescience, sekitar 40 persen partisipan studi juga pernah mengalami kondom robek, dan 13 persen mengatakan pernah mendapatkan kondom yang bocor.

Kondom yang memenuhi standar mutu internasional sebenarnya tidak mudah robek karena tiap kondom yang diproduksi harus melalui uji elektronis. Sebagian besar kerusakan kondom sering kali terjadi karena kesalahan pemakai, seperti menggunakan pelicin minyak serta membuka kemasan dengan kuku atau benda tajam.

Untuk menjaga kualitas kondom, disarankan untuk tidak menyimpan kondom dalam dompet atau saku belakang celana jeans karena dapat merusak kondom. Hindari menyimpan kondom di tempat panas, dan jangan gunakan kondom jika kemasannya rusak, warnanya pudar, kering, atau lengket.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
311612 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas