Perhatikan Kebersihan Busa Pencuci Piring

Jika salah memperlakukan busa pencuci piring bukan tidak mungkin akan mengundang bakteri penyebab penyakit.

Perhatikan Kebersihan Busa Pencuci Piring
google.image
Spon pencuci piring sebaiknya dijaga kebersihannya untuk menghidarkan bakteri penyebab penyakit.

TRIBUNNEWS.COM -  Perhatikan kebersihan busa pencuci piring. Karena jika salah memperlakukannya, bukan tidak mungkin akan mengundang bakteri penyebab penyakit.

Mikroorganisme Staphylococcus aureus dan Pseudomonas spp dapat menyebabkan berbagai penyakit. Mereka dapat tumbuh dan berkembang biak dengan cepat pada dapur yang lembab,     peralatan yang disimpan pada saat belum kering, bahan makanan yang tidak dibersihkan dengan benar,  makanan yang tidak dibersihkan dengan benar, pada bak cuci piring, dan spons yang digunakan untuk mencuci piring.

Sayangnya, banyak dari kita yang belum mengetahui dan memahami hal tersebut. Beberapa kebiasaan masyarakat memakai berulang busa pencuci piring tidak dibenarkan. Lebih baik mengeringkannya untuk menghindari bakteri.

"Khusus untuk spons pencuci piring  setelah dipakai, tidak direndam, tetapi dikeringkan. Kalaupun harus direndam, rendamlah dengan cairan pencuci piring anti bakteri," demikian dijelaskan oleh Prof. Dr. dr. Rachmadhi Purwana, ahli kesehatan masyarakat Universitas Indonesia, dalam seminar tentang "Higienitas & Sanitasi Dapur, Peralatan Makan dan Masak, Salah Satu Kunci Tingkatkan Kualitas Kesehatan."

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Intisari
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved