Serangan Serangga Tomcat

Waspada Serangga Tomcat Mematikan

Hati-hati, ada serangga membahayakan siap menebar racun mematikan. Namanya Tomcat

Waspada Serangga Tomcat Mematikan
net
Hama Tomcat yang membahayakan

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA--Hati-hati, ada serangga membahayakan siap menebar racun mematikan. Namanya Tomcat. Bahkan, Wali Kota Surabaya Ir. Tri Rismaharini, MT sudah memberikan surat selebaran kepada para warganya agar berhat-hati dengan binatang ini.

Dalam suratnya, Wali Kota Surabaya meminta kepada warganya untuk langsung menghubungi Dinas Pertanian Kota Surabaya, bila menemukan binatang ini. Bila menemukan, silahkan menghubungi 031.8275404 atau menghubungi Ir.Alexandre S Siahaya MT, Hp:081231343335

Apa itu Tomcat? Dari berbagai sumber yang didapat tribunnews, binatang ini dikenal dengan nama ilmiah kumbang rove, hewan semacam semut besar, bersayap, dengan warna belang-belang hitam dan merah. Racunnya, 12 kali lebih mematikan daripada bisa ular cobra. Jika merayap di handuk, baju, sprei ato bahkan lantai rumah harus segera dibersihkan dengan air dan sabun, karena pada saat merayap saja langsung mengeluarkan toksin melalui kulit tubuhnya.

Kalau sadar kulit anda kena Tomcat segeralah dicuci pake sabun, jangan dikasih odol, minyak kayu putih, balsem, minyak tawon, karena hasilnya akan memperparah.Kulit yang terkena toksin Tomcat akan merah meradang mirip herpes tapi tak sama.

Herpes disertai nyeri di syaraf anggota tubuh yang kena. Misalnya, bila tangan kiri kena herpes, maka syaraf-syaraf bagian kiri akan nyeri. Toksin tomcat tidak seperti itu, hanya merah meradang disertai nanah bintik kecil-kecil.

Obatnya, salep dan antibiotik. Biasanya hydrocortisone 1% atau Salep betametasone+antibiotik neomycin sulfat-3xsehari atau Salep Acyclovir 5% . Untuk lebih jelasnya, tanya apoteker atau silahkan langsung ke dokter umum atau kulit. Jangan lupa bilang kalau kena Tomcat agar dokter tidak salah memberi obat herpes.

Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved