• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Tribunnews.com

Bahayakah Kalau Telinga Kemasukan Air?

Minggu, 25 Maret 2012 09:55 WIB
Bahayakah Kalau Telinga Kemasukan Air?
google.image
Kuping kemasukan air

Laporan Wartawan Banjarmasin Post, Irfani Rahman

TRIBUNNEWS.COM - Aktifitas kita sehari-hari juga bisa merimbas pada terganggunya fungsi  indera pendengaran. Tak sedikit orang pernah mengalami secara tak sengaja air masuk ke dalam telinga. Bahayakah ini?

Bukankah telinga itu salah satu organ penting di tubuh? Apakah indera pendengaran bisa terganggu jika kemasukan air?Yuk simak penjelasan dr Achmad Rofi'I Sp THT, dokter  spesialis telinga hidung tenggorokan dari Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) Ulin Banjarmasin.

Rofii menuturkan bahwa telinga terdiri dari telinga luar, telinga tengah dan telingan dalam. Dimana telinga tengah juga berhubungan dengan hidung,

Bagaimana jika telinga kita kemasukan air?.Achmad Rofi"I asalnya gendang telingan tidak robek maka air dipastikan hanya akan masuk di telinga luar saja.

"Jika tidak robek tidak masalah, hanya akan terjadi gangguan pendengaran saja," ungkapnya kepada Banjarmasin Post (grup Tribunnews.com)

Ini bisa dibuang atau dibersihkan dengan cara tradisioanal dengan memasukkan air dan membalikkannya kembali dan juga bisa menggunakan kain tisu.

Namun jika gendang telingan pecah ini yang berbahaya. Dimana air bisa masuk ke telinga tengah dan menyebabkan infeksi yang sering disebut congek.

Congek pun ada dua jenis. Yakni yang tak berbahaya, dimana ini bisa merusak tulang-tulang pendengaran tengah dan menyebabkan pendengaran kita bisa turun.

Kemudian congek berbahaya. Congek jenis ini ditandai dengan aroma tak sedap dan bisa merusak tulang telinga dan juga menyebabkan otak bisa rusak.

"Ini tidak boleh diremehkan sebaiknya periksa ke dokter THT untuk diberikan pengobatan," ungkap dokter ini.

Editor: Anita K Wardhani
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
2 KOMENTAR
383212 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Tami Azzahra-Selasa, 12 November 2013 Laporkan
    ass,apakah air yang masuk dalam telinga itu tanpa di obati air itu bisa keluar sendiri??
    trimah kasih sbelumnya..
  • novan-Kamis, 28 Februari 2013 Laporkan
    kalau gendang telinga sobek apakah masih dapat disembuhkan?
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas