• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribunnews.com

Vaksin Pencegah Kanker Serviks

Sabtu, 2 Juni 2012 16:58 WIB
Vaksin Pencegah Kanker Serviks
Foto/net
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM - Bila berbicara soal kanker serviks, tentunya banyak wanita mulai berpikir tentang tingginya risiko dari penyakit ganas ini. Akan tetapi, hal ini tidak perlu dikhawatirkan, sebab dunia kedokteraan saat ini telah memberikan solusi untuk pengobatan dan pencegahannya.
 
Dijelaskan dr Dyah Surya Agustine Sesunan, pencegahan terhadap kanker serviks dapat dilakukan dengan pemberian vaksinasi. Proses penanggulangan dini ini, dapat dilakukan mulai dari usia sembilan tahun. Persyaratan lainnya, vaksinasi dapat dilakukan ketika wanita belum pernah berhubungan intim.
 
Oleh sebab itu, untuk melakukan proses vaksinasi ini dibutuhkan kejujuran dari sang pasien. Karena pada dasarnya, proses pencegahan melalui vaksin, digunakan bagi mereka yang belum sekalipun berhubungan seksual. Berdasarkan hasil penelitian, untuk proses vaksinasi dapat dilakukan berulang dalam tempo lima tahun sekali.
 
"Bagi wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seks dan usia lanjut, pencegahan dapat dilakukan melalui Ispeksi Visual asam Asetat (IVA) dan Pap Smear. Pemeriksaan ini dilakukan minimal dua tahun sekali, tetapi syaratnya bagi perempuan yang sudah aktif hubungan seksual," ungkapnya.
 
Terlepas dari hal itu, aktivitas pencegahan ini masih di dominasi oleh wanita perkotaan saja. Alasannya, lebih pada pengetahuan dan kesadaran masyarakat kota pada kesehatannya, dibandingkan masyarakat yang tinggal di desa. Bahkan banyak ditemui, wanita yang takut dengan jarum suntik.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Lampung
0 KOMENTAR
585571 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas