Senin, 25 Mei 2015
Tribunnews.com

Bagaimana Mengatasi Nyeri Leher Bagian Belakang?

Selasa, 3 Juli 2012 15:31 WIB

Bagaimana Mengatasi Nyeri Leher Bagian Belakang?
NET
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Seorang pembaca Tribun Jogja (grup Tribunnews.com) bertanya, bagaimana mengatasi rasa nyeri di leher kiri bagian belakang leher. Dia merasakan  terkadang, leher terasa sangat sakit seperti ditarik.

Apa sebenarnya penyebab nyeri leher? Bagaimana cara mengatasinya? Orthopaedi & Traumatologi RSUP Dr Sardjito menjelaskan, leher terdiri atas tulang dan bagian lunak, antara lain otot, ligamen, dan saraf. Tulang belakang bagian leher berfungsi untuk pergerakan dan penopang berat kepala. Tidak seperti tulang belakang bagian lain, tulang leher bagian belakang tidak dilindungi oleh tulang lain, sehingga rentan terhadap cedera yang menimbulkan rasa sakit dan membatasi pergerakan.

Sakit leher pada kondisi tertentu dapat hilang dengan sendirinya, tapi sebagian memerlukan diagnosis dan perawatan medis lebih lanjut. Nyeri leher dapat disebabkan oleh kelainan di jaringan lunak, yakni otot, ligamen, dan saraf, juga tulang serta sendi tulang belakang. Penyebab paling umum sakit leher adalah kelainan jaringan lunak karena cedera kecil tetapi berkepanjangan. Meskipun jarang, hal tersebut dapat juga disebabkan oleh infeksi, tumor, dan kelainan bawaan tulang belakang.

Saat ini, penyebab terbanyak adalah penyakit leher degenerasi karena proses penuaan dan aktivitas yang berlebihan. Di beberapa orang, adanya masalah tulang belakang bagian leher menimbulkan rasa sakit di punggung atas, bahu, dan lengan.

Berikut macam-macam penyakit inflamasi di tulang belakang:

1.Rheumatoid Arthritis
Rheumatoid arthritis dapat merusak sendi-sendi di leher dan mengakibatkan kekakuan, biasanya di daerah leher bagian atas.

2.Degenerasi  Diskus Intervetebral Cervical (Spondylosis)
Degenerasi disk biasanya terjadi pada usia 40 tahun atau lebih. Disk dapat menonjol dan memberikan tekanan terhadap saraf tulang belakang ketika tepi dari disk melemah.

Halaman123
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas