• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 19 April 2014
Tribunnews.com

Hidung Pesek Jadi Mancung Berkat Operasi Plastik

Rabu, 1 Agustus 2012 11:46 WIB
Hidung Pesek Jadi Mancung Berkat Operasi Plastik
Istimewa
Bedah plastik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bedah plastik tak melulu untuk urusan memoles 'wajah pas- pasan' menjadi cantik, tapi juga dalam hal memperbaiki bentuk wajah akibat cacat bawaan, cacat wajah akibat kecelakaan, atau rusaknya wajah karena kecelakaan.

"Secara umum, bedak plastik dibagi menjadi dua. Bedah plastik rekonstruksi dan estetik atau kosmetik. Bedah plastik estetik ini pasien normal atau sehat datang ke dokter untuk membenahi anggota tubuh yang dirasa kurang ideal menjadi mendekati "sempurna"," ujar dr. Gentur Sudjatmiko, SpPp(K) dalam temu media dengan Rumah Sakit Pondok Indah.

Di sisi lain, dr. Teuku Adifitrian, SpBP membahas tentang bedah plastik estetik. Menurut dokter yang lebih akrab dipanggil dr. Tompi tersebut mengatakan bedah plastik seperti membangun rumah.

Contohnya jika ingin memancungkan hidung harus dibedah, bukan disuntik atau dermal filler. Karena hasil akhirnya akan berbeda. Bedah plastik memiliki teknik dan prosedur yang terukur. Ia juga memaparkan jenis bedah plastik yang sering dilakukan di Indonesia.

"Lemak, kulit, dan otot, atau pasien perlu sedot lemak atau mengurangi kulit dengan cara Liposuction dan Tummy Tuck, tetapi beberapa operasi plastik yang juga sering digunakan ada Rhinoplasty, Blepharoplasty, Breast Augmentation, Breast Reduction, dan Breast lifting," jelas Tompi.

Liposuction merupakan sedot lemak, untuk mencapai bentuk tubuh yang ideal, kurus, tetapi berat badan turun bukanlah tujuannya. Karena liposuction hanya membentuk tubuh, bukan berfokus pada penurunan berat badan.

"Kalau mau berat badannya turun ya olahraga dan diet, bukan liposuction," tambah dokter kelahiran Lhokseumawe, 22 September 1978.

Lebih lanjut Tompi mengatakan hasil akhir liposuction memiliki bekas minimal dan tersembunyi, prosedur yang ditempuhpun hanya dengan pembiusan lokal atau umum, per regio 15 - 30 menit, setelah itu pasien langsung bisa mobilisasi. Namun pascaoperasi pasien perlu mengenakan baju khusus dengan pressure seperti korset, tetapi aktivitas seperti olahraga dilakukan setelah satu bulan.

Berbeda dengan Tummy Tuck. Tummy tuck merupakan pengurangan kulit berlebihan, serta mengencangkan komponen otot yang kendur. Bahkan pembiusan umum mini tummy tuck yang dilakukan dengan pembiusan lokal ini hanya memakan proses operasi tiga jam, dan tiga hari pasca operasi dapat melakukan kegiatan ringan.

Sedangkan Rhinoplasty merupakan operasi plastik yang bertujuan untuk mendapatkan hidung lebih proporsional atau mancung, serta membentuk ujung hidung lebih kecil. Operasi rhinoplasti hanya dilakukan 20 - 30 menit dan hidung pun diplester selama tiga hari.

Sekedar info, Bleoplasty  utnuk memerbaiki penampilan mata atas, bawah, dan keduanya. breast Augmentation untuk memerbesar payudara dengan menggunakan implan payudara, tetapi tidak mengganggu aliran air susu ibu.

Breast Reduction bertujuan mengecilkan payudara yang besar, dengan membuang jaringan lemak, kelenjar payudara, dan kulit berlebihan. Dan Breast lift merupakan pengangkatan dan pengencangan payudara dengan membung kelebihan kulit, mengencangkan jaringan payudara, dan menopang bentuk payudara yang baru.

Tompi juga mengingatkan bahwa proses mengubah bentuk tubuh atau wajah sebaiknya dilakukan oleh orang yang berkompeten, yaitu dokter bedah plastik. Jika tidak akan ada efek yang tidak diinginkan. Pasalnya prinsip bedah plastik semakin lama, semakin baik, serta operasi yang baik adalah operasi bedah estetik, hasilnya terlihat berbeda tetapi lebih indah. Kalau hasilnya terlihat berbeda sepertinya itu tidak estetik.

Ketika disinggung soal agama Islam yang melarang bedah plastik, Tompi memiliki jawaban yang tegas.
"Siapa yang melarang? Yang ada itu tidak boleh mengubah takdir. Pesek takdir nggak? Sumbing takdir bukan? Terus sumbing kita benerin nggak? Sumbingnya cuma sedikit,

Terus dia dipanggil "sumbing", padahal anak ini ngomong lancar, makan bisa, tumbuh kembang normal, anaknya pintar, cuma nyengir aja yang jelek, nggak pede, nunduk terus. Tujuan kita benerin apa? Kita benerin, supaya lebih baik," kata penyanyi yang menelurkan album Sounds of Ramadhan pada tahun 2011 ini.

Menurutnya hukum dalam kondisi apapun adalah applicable. Islam pun memiliki hukum yang universal dan applicable. Karena tujuan operasi plastik agar seseorang lebih percaya diri dan bermanfaat untuk orang lain. "Mungkin ini muluk-muluk kedengarannya, tetapi begitulah kejadiannya."

Bagi Tompi, bedah plastik dapat meningkatkan kualitas hidup dalam arti seseorang yang punya karir atau bekerja ketemu banyak orang pasti akan lebih pede jika tampil lebih baik.

Tompi mencontohkan perawatnya, laki-laki berusia 26 tahun yang datang kepadanya. Laki-laki tersebut memiliki hidung yang pesek, dari kecil hingga dewasa, ia dipanggil "si pesek", ia sering mengamati Tompi ketika mengoperasi pasiennya. Sampai suatu saat ia ingin operasi hidung, ke suami dari Arti Indira tersebut.

"Akhirnya saya operasi. Kata teman-temannya, dia sekarang keren, performance-nya bagus, pendapatannya bagus, salah nggak? Jadi semua kembali ke tujuan. sekarang orang pakai jilbab bagus kan? Tapi orang yang melacur pakai jilbab biar nggak ketangkap Polisi, salah nggak? Salah."

"Jadi analoginya gitu kira-kira. Jangan kita melihat masalah dari satu point of view saja, karena semua jadi salah. Kalau semua salah, kita harus keluar dulu dari sistem," lanjutnya.

(Agustina Rasyida)

Baca artikel menarik lainnya

Editor: Agung Budi Santoso
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
783591 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas