Senin, 22 Desember 2014
Tribunnews.com

Jadilah Pasien yang Cerdas

Jumat, 21 September 2012 23:43 WIB

Jadilah Pasien yang Cerdas
net
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kulit bersih dan sehat tak hanya monopoli perempuan. Laki-laki pun berhak mendapatkannya.

Terlebih jika kulit kita baru saja mengalami luka, yang menyebabkan parut bekas luka. Sangat mengganggu kah? Ya. Namun untuk menghilangkannya tak hanya perawatan saja, tetapi pasien harus berperan aktif.

"Untuk memiliki kulit normal seperti sediakala, selain dipengaruhi faktor di dalam tubah dan pengobatan, peran aktif pasien pun turut andil," ujar dr. Teddy O.H. Prasetyono, Sp.BD dari RSCM Jakarta, Jumat (20/9/2012).

Apa yang dapat kita lakukan sebagai pasien?

Menurut Teddy, pasien harus cerdas saat menghadapi masalah (misalnya kulit terluka) dengan cara mencari informasi sebanyak-banyak tentang masalah yang dihadapi, setelah itu pasien dapat berkunjung ke dokter dan kontrol sesuai jadwal yang ditentukan.

Hal ini dilakukan agar dokter dapat memantau dan memutuskan perawatan yang cocok bagi pasien. Di sisi lain, pasien dapat bertanya jika ada sesuatu tidak dimengerti selama perawatan.

"Pasien yang mengalami problem, sejak awal harus ditangani sejak dini, jangan dibiarkan. Agar dokter dapat membantu mendeteksinya," imbuh alumni FKUI ini lagi.

Baca juga:

Penulis: Agustina Rasyida
Editor: Rachmat Hidayat

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas