Minggu, 23 November 2014
Tribunnews.com

Panax Ginseng, Rahasia Awet Muda Orang Korea

Senin, 8 Oktober 2012 10:39 WIB

Panax Ginseng, Rahasia Awet Muda Orang Korea
NET

TRIBUNNEWS.COM - Ginseng adalah salah satu tanaman Korea yang dikenal di seluruh penjuru dunia. Ginseng memang identik dengan Korea. Sejumlah produsen jamu memasukkan unsur ginseng dalam produknya. Manfaat kesehatan dari ginseng itulah yang diminati dan dikejar oleh masyarakat luas.

Tren mengonsumsi ginseng sudah dimulai sejak dahulu kala. Dalam situs Korea Tourism Organization disebutkan bahwa Raja Yeongjo, yang hidup hingga usia 83 tahun pada masa dinasti Joseon, menjadikan ginseng sebagai bagian dari diet rutin.

Konsumsi ginseng pun terus berlanjut hingga ke masa sekarang, di era aktris seperti Choi Ji-woo yang bermain dalam Winter Sonata maupun olahragawan seperti Chan Ho-park. Mereka rupanya juga mengonsumsi ginseng guna menjaga kesehatannya.

Namun, di antara beragam jenis ginseng di dunia, Panax ginseng yang merupakan ginseng Korea yang memiliki kualitas terbaik. Tak heran kalau kemudian dikatakan Korea menjadi tempat terbaik untuk menanam ginseng. Bisa jadi karena Korea memiliki empat musim, suhu udara yang tepat, tanah yang baik, dan cukup mendapat hujan tahunan, sehingga ginseng yang ditanam di sana memberi kualitas yang baik.

Manfaat kesehatannya pun dikatakan lebih banyak dibandingkan dengan ginseng yang ditanam di AS, Jepang,atau Cina. Ginseng Korea mengandung saponin yang lebih banyak.

Saponin dalam ginseng mengacu pada ginsenosida. Acuan itu untuk membedakan dari saponin yang biasa dijumpai dalam bumbu masakan seperti bawang putih maupun bawang bombai. Saponin mencapai kadar maksimum pada tahun keenam setelah ginseng ditanam, tetapi kualitasnya akan merosot setelah tahun ketujuh.

Ginsenosida itulah yang membantu mendongkrak imunitas, menurunkan tingkat stres, dan meningkatkan sirkulasi darah. Banyak studi telah menunjukkan bahwa ginseng juga membantu melawan kanker, memperbaiki fungsi hati, dan memperlambat proses penuaan.

Dalam situs Livestrong dibeberkan bahwa mengonsumsi ginseng dalam bentuk teh menjadi cara efektif untuk melengkapi diet dengan herba yang poten. Teh ginseng dapat memperbaiki kesehatan dan performa tubuh.

Teh ginseng juga membantu mengurangi kelelahan karena menghemat glikogen dan mendorong tubuh menggunakan asam lemak sebagai energi. Hanya memang disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu sebelum mengonsumsinya.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Sehat News

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas