• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 16 April 2014
Tribunnews.com

Deteksi Penyakit Dari Telapak Tangan, Kuku dan Jari

Kamis, 11 Oktober 2012 09:08 WIB
Deteksi Penyakit Dari Telapak Tangan, Kuku dan Jari
NET

TRIBUNNEWS.COM - Tubuh sering memberikan petunjuk visual yang berhubungan dengan kondisi kesehatan kita. Selain melalui mata, lidah, urine, dan kulit, kita dapat mendeteksi masalah kesehatan dengan mengamati perubahan kondisi tangan.

Perubahan kecil yang terjadi pada telapak tangan, kuku, dan jari, memberikan petunjuk masalah kesehatan yang mungkin tidak kita harapkan. Kenali perubahan mendasar yang perlu disadari berikut ini, seperti dilansir oleh Times of India

* Telapak tangan berkeringat.
Saat cemas atau gugup wajar telapak tangan berkeringat. Namun, jika berkeringat setiap saat tanpa sebab yang jelas dan sulit untuk mengontrol, bisa jadi kita mengalami gangguan kelenjar tiroid atau penyakit jantung. Munculnya keringat tanpa terkendali di telapak tangan dapat disebabkan oleh kelenjar tiroid yang terlalu aktif, hingga menyebabkan peningkatan metabolisme. Membuat tubuh membakar kalori berlebih yang menyebabkan suhu tubuh meningkat dan berkeringat tanpa terkendali di bagian tubuh tertentu.

* Telapak tangan memerah.
Kondisi telapak tangan yang memerah bisa menjadi tanda gangguan hati. Ini mungkin terjadi karena pelebaran pembuluh darah dalam merespon ketidakseimbangan hormon yang dipicu oleh kerusakan hati. Perubahan warna telapak tangan umumnya muncul di sekitar pergelangan tangan dari pangkal ibu jari dan jari kelingking. Selain gangguan hati, kondisi ini juga sering memberikan gejala penyakit seperti rematik arthritis dan gangguan tiroid.

* Tangan gemetar.
Semua orang pasti pernah merasakan gemetar di tangan. Tentu saja, ketika dalam keadaan cemas, panik, atau kelelahan karena memegang beban berat. Ini akan menjadi tidak wajar jika gemetar terjadi tanpa sebab dan sulit untuk mengontrol. Merasakan gemetar tak terkendali di tangan bisa menjadi peringatan dini dari serangan Parkinson, penyakit yang mempengaruhi sistem saraf seperti gangguan gerakan otot tubuh. Jangan menunda untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami masalah seperti ini.

* Kuku berubah warna.
Kuku yang sehat cenderung memiliki warna merah muda. Jika terlihat warna kuku  menunjukkan semburat kuning kehijauan, kemungkinan infeksi jamur. Dalam kasus-kasus tertentu, perubahan warna tersebut bisa jadi tanda awal penyakit paru-paru. Sementara noda kecokelatan seperti tahi lalat pada garis kuku dapat menjadi indikasi penyakit psoriasis kulit. Apapun itu, Anda tidak perlu menunda untuk berkonsultasi dengan dokter jika melihat perubahan yang tidak biasa pada kuku.

* Kuku berbentuk sendok.
Kondisi kuku yang sehat umumnya berbentuk sedikit melengkung dengan posisi mengarah ke bawah kuku. Jadi, jika kuku Anda terlihat berlawanan atau cekung ke atas seperti sendok, segera konsultasikan ke dokter karena ini menunjukkan gejala kekurangan zat besi atau anemia. Kuku rapuh yang tampak tidak wajar juga dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius seperti kanker paru-paru dan penyakit jantung.

* Muncul benjolan di jari.
Jika Anda melihat benjolan kecil di dekat kuku jari, itu bisa jadi tanda awal dari osteoarthritis. Benjolan yang mungkin timbul akibat kehilangan ruang sendi sehingga sendi membengkak seperti bentuk tulang baru. Wanita lebih rentan terhadap kondisi tersebut.

* Kulit tangan kering.
Kondisi ini sering memberikan petunjuk awal gangguan tiroid yang memicu hilangnya kelembaban kulit. Juga mengindikasikan terjadinya alergi atau gangguan sensitivitas kulit yang disebabkan oleh pemakaian produk kosmetik tertentu.

Bagaimana kondisi tangan Anda saat ini? Semoga Anda sehat-sehat selalu.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Intisari
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1020462 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas