Senin, 22 Desember 2014
Tribunnews.com

Ramuan Asli Dayak Terbukti Ampuh Pulihkan Penyakit

Sabtu, 20 Oktober 2012 08:44 WIB

Ramuan Asli Dayak Terbukti Ampuh Pulihkan Penyakit
TRIBUN JAKARTA/AGUSTINA N.R
Ramuan asli Dayak

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Agustina N.R

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Suku Dayak tenar dengan keampuhan ramuan tradisionalnya untuk memulihkan berbagai penyakit. Bahkan hingga saat ini, ramuan tersebut banyak dicari bagi mereka yang membutuhkan.

"Saya meramu ini sudah turun menurun, dari nenek, ibu, kakak, baru saya," ujar Mariana, salah seorang pengusaha sekaligus peramu ramuan tradisional Dayak.

Alasan keluarganya atau orang Dayak meramu, lanjut Mariana, karena kebanyakan dari mereka tinggal di kampung yang tidak ada dokter atau mantri untuk mengobati orang sakit. Jika salah seorang keluarga sakit, orang-orang suku Dayak langsung meramu obat tradisional. Dengan memanfaatkan bahan alam, mereka memiliki cara tersendiri menangani sebuah penyakit.

Perempuan asli Dayak ini sangat fasih menuturkan kegunaan tanaman atau ramuan Dayak. Misalnya, bawang dayak berguna untuk pengobatan darah tinggi, jantung, ginjal, kanker, tumor, atau asam urat.
Biasanya pengobatan dilakukan dengan meminum air rebusan lalu diminum.

Tanaman kangkahot yang dikeringkan, lalu dibelah, direbus, air rebusan berguna untuk pengobatan asma, tumor, dan penyakit dalam lainnya. Ada pula sarang semut, kunyit putih, tangkur buaya, minyak urut Dayak dari akar seluang, serta minyak bulus. Untuk harga, ramuan dibanderol Rp 50 - Rp 100 ribu.

"Ini ada ulur-ulur yang cocok untuk mengobati ambeien," tutur perempuan yang sudah lima tahun memiliki label "Obat Tradisional Dayak Kalimantan" ini.

Bahkan baru-baru ini, Mariana diajak Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pusat, sebagai peramu obat. Dengan melibatkan tanaman bawang dayak, pasak bumi, akar kuning, saluang belum, yang akan dibuat kapsul, dan jamu langsung minum.

Penulis: Agustina Rasyida
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Jakarta

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas