• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

Apakah Setelah Operasi, Kista Bisa Sembuh?

Jumat, 16 November 2012 21:21 WIB
Apakah Setelah Operasi, Kista Bisa Sembuh?
NET
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM - Belakangan kaum hawa banyak yang terkena kista. Sebetulnya kista itu apa? Apakah setelah operasi penyakit ini bisa sembuh 100 persen?

Rachmat Andi Sp. BS (K), Dokter Spesialis Bedah Saraf RSUP Dr Sardjito Yogyakarta menjelaskan, kista adalah sebutan untuk tumor yang pada umumnya berada dan menyerang organ reproduksi wanita, dan disebabkan karena proses perkembangan neoplasma yang tidak seharusnya, maka pada kasus tertentu, tumor makin membesar dari hari ke hari.
 
Dilihat dari perkembangannya atau tingkatan keganasan, penyakit kista dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu kista non-neoplastik, yang sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan. Kemudian jenis kista neoplastik, kista ini umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya.
 
Satu dari sekian banyak faktor yang mengakibatkan kista adalah gaya hidup tidak sehat, meliputi konsumsi makanan yang tinggi lemak dan kurang serat, zat tambahan dalam makanan, kurang berolahraga, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, terpapar polusi dan agen infeksius, stres, dan faktor genetik. Kemudian tanda dan gejalanya, umumnya sangat bervariasi dan tidak spesifik.
 
Pada stadium awal, gejalanya dapat berupa gangguan haid. Jika sudah menekan rektum atau VU, bisa terjadi konstipasi atau sering berkemih, terjadi peregangan atau penekanan daerah panggul yang menimbulkan nyeri spontan dan sakit di perut, termasuk nyeri saat bersenggama.
 
Sementara pada stadium lanjut, terjadi asites, penyebaran ke omentum (lemak perut) serta organ di dalam rongga perut (usus dan hati), perut membuncit, kembung, mual, gangguan nafsu makan, gangguan buang air besar dan kecil, serta sesak nafas karena ada penumpukan cairan di rongga dada.
 
Sedangkan apakah penyakit itu dapat 100% sembuh atau tidak, masih perlu diketahui lebih detail lagi soal jenis kista yang dioperasi beberapa waktu lalu. Jika hanya jenis ringan maka dengan operasi sudah bisa teratasi.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Jogja
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas