Gula Aren Cocok untuk Penderita Diabetes

Gula aren atau gula jawa kerap jadi bahan pemanis alternatif .Tidak hanya manis, ternyata manfaatnya bagus untuk kesehatan.

Gula Aren Cocok untuk Penderita Diabetes
NET
Gula aren

TRIBUNNEWS.COM - Gula aren atau gula jawa kerap jadi bahan pemanis alternatif yang digunakan di Indonesia. Tidak hanya manis, ternyata manfaatnya bagus untuk kesehatan.

Setidaknya ada keunggulan dari gula berwarna kecokelatan ini. Apa sajakah itu? Yuk simak penjelasan
dr Yoshika Kurnia, Dokter Beauty Konsultan Aina Beauty Center (ABC) Bandar Lampung.

Dijelaskan, keunggulannya rasanya manis dan lezat, pas dengan lidah orang Asia dan Indonesia. Kedua, gula aren memiliki Indeks Glisemik yang sangat rendah yaitu IG 35. "Ini artinya penyerapan glukosa berlangsung lambat sehingga pankreas tidak perlu kerja keras lagi," kata dr Yoshika kepada Tribun Lampung (Tribunnews.com Network).

Karena keunggulannya itu, gula aren tidak hanya bermanfaat bagi orang sehat. Pada beberapa penderita diabetes terbukti turun kadar gula darahnya setelah mengganti gula putih dengan gula aren.

Selain itu IG yang rendah membuat glukosa diserap secara perlahan yang berarti pula, energi tercipta secara perlahan sehingga tubuh bugar lebih lama. Ketiga, selama proses pembuatannya, tak ada sedikitpun bahan kimia yang ditambahkan, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

Gula aren banyak mengandung unsur farmakologi yang bermanfaat seperti Riboflavin, Thiamin, Niacin, Ascorbic Acid, Kalsium dan lain-lain yang aman untuk tubuh. Jadi jika Anda ingin tetap menikmati manis tanpa takut dengan resiko diabetes, pakailah gula aren.

"Gula aren adalah solusi hidup sehat yang nikmat dan lezat," kata dr Yoshika.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved