• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 30 Oktober 2014
Tribunnews.com

Berapa Biaya Bersihkan Karat Gigi? Mahal Nggak Sih?

Rabu, 6 Maret 2013 15:40 WIB
Berapa Biaya Bersihkan Karat Gigi? Mahal Nggak Sih?
Dokumentasi
Pemeriksaan kesehatan gigi harusnya secara berkala. Insert: drg R Ngt Anastasia Ririen Pramudyawati.

Pertanyaan:  
 
Selamat malam ibu....

Mohon maaf...saya langsung saja bertanya....untuk penghilangan karat gigi berapa ya estimasi biayanya? Mahal nggak sih? Mohon balasan ibu...terimakasih... Salam

Dheny TP (PangkalanBun, Kalteng)
 
                                          
Jawaban:
 
Dear Ibu Dheny,

Apa kabar?

Apa kabar di Pangkalan Bun pagi ini..? Semoga udara cerah dan beri banyak berkah bagi semua Saudara di sana, yea..

Langit atas Selatan Jakarta pagi ini masih berbalut mendung. Semoga hujan tidak tumpah tiba-tiba. Sebagian dari kita masih butuh cuaca lebih cerah guna lancarkan aktivitas..
 
Seperti pernah saya ulas dalam artikel lain sebelum ini, istilah karat gigi tidak dikenal dalam dunia kedokteran gigi. Saya kira, yang Ibu maksudkan yakni pewarnaan gigi abnormal oleh ragam sebab.   
 
Pewarnaan gigi abnormal terbagi atas:

- Pewarnaan dari dalam gigi (intrinsik)

Ini terjadi karena proses anomali/kerusakan di material gigi itu sendiri. Penatalaksaan perawatannya beragam sesuai diagnose, oleh dokter gigi kompeten.
 
- Pewarnaan di permukaan luar gigi (ekstrinsik)

Ini akibat terdapatnya material plak berwarna putih transparan, maupun karang gigi berwarna putih kekuningan bila berada di atas gusi dan kuning kecoklatan bila berada di permukaan gigi bawah batas atas teratas gusi (dalam saku gusi).

Yang oleh karakteristik materialnya, keduanya dapat menyerap ragam warna makanan/minuman, termasuk mudah menempelnya makanan/minuman/asap beracun yang dikonsumsi.
 
Pilihan tindakan perawatan pewarnaan gigi tergantung pada diagnose pencetusnya.
 
Andai warna gelap kehitaman yang dialami terjadi akibat proses pewarnaan intrinsik gigi semisal sedang berkaries, maka perawatan penumpatan gigi menjadi pilihan sang dokter.

Dan, andai pewarnaan anomali gigi bermuasal dari pewarnaan ekstrinsik, maka tindakan pembersihan karang gigi akan dipilih sang dokter.
 
Terkait estimasi besar biaya perawatan sangat tergantung pada jenis perawatan yang dipilih sang dokter, dan pada kebijakan standard biaya yang telah ditetapkan internal oleh instansi tempat perawatan dilakukan.
 
Umumnya berdasarkan:

- Klasifikasi jenis tindakan

- Pilihan bahan dan alat yang dipakai (sangat berperan karena secara umum bahan-alat di bidang kedokteran gigi sangat beragam kategori dan tingkatan kualitasnya)
- grade kompetensi dokter pelaksana tindakan
- standard setempat
 
 
Mohon maaf.. saya tidak berkapasitas memberikan informasi estimasi biaya berujud angka. Karena sifatnya spesifik dan sama sekali bukan wewenang saya.

Kecuali andai Ibu berkonsultasi langsung ke lokasi praktik pribadi saya di D-smile, wilayah Pondok Cabe, Selatan Jakarta.
 
Demikian, semoga bermanfaat.
 
D-smile, 6 Maret 2013   09:38 WIB

Kontak Konsultasi Drg Anastasia Ririen

Drg R Ngt Anastasia Ririen Pramudyawati, alumnus Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, siap menjawab segala pertanyaan seputar kesehatan gigi dan mulut di rubrik konsultasi Gigi dan mulut Tribunnews.com.

Selama ini, perempuan kelahiran tepian Danau Tage -Epouto (Enarotali, Paniai, Papua) ini bekerja di Permata Pamulang Hospital, Happy Smile Dental Clinic Bali View Point (keduanya beralamat di Tangerang Selatan), dan praktik pribadi D-smile di wilayah Pondok Cabe, Selatan Jakarta.

Selain itu, juga aktif menulis di www.kompasiana.com/dokteranastasiaririen dan memberikan konsultasi soal kesehatan gigi dan mulut lewat media radio serta mengisi rubrik konsultasi di Harian Tribun Kaltim.

Bagi pembaca Tribunnews.com yang ingin melakukan konsultasi masalah gigi dan mulut, silakan mengirimkan pertanyaan melalui email: dr_anastasia_ririen@yahoo.com. Semua jawaban akan ditayangkan di www.tribunnews.com.

 

Baca Konsultasi Sebelumnya



Editor: Agung Budi Santoso
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas