• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Tribunnews.com

Ibu Menyusui dengan HIV Bisa Berikan ASI ke Bayi

Sabtu, 6 April 2013 16:26 WIB
Ibu Menyusui dengan HIV Bisa Berikan ASI ke Bayi
IST
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bagi seorang ibu, memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada bayinya adalah hal wajib. Tak terkecuali bagi ibu dengan HIV.

Menurut Danny Yatim, Media Communications Adviser, HIV Cooperation Program for Indonesia, Australian AID, pemberian ASI dari ibu menyusui dengan HIV kepada bayinya masih menjadi kontroversi.

Ada kalangan media yang melarang, dengan alasan ASI mengandung virus. Tetapi ada pula yang menganjurkannya, karena ASI memiliki nutrisi lengkap yang dibutuhkan bayi untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan tumbuh kembang bayi.

"Lebih baik memberikan ASI kepada anaknya, karena banyak sekali nutrisi yang baik bagi anak," kata Danny, Sabtu (6/4/2013), di Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Andika Wirawan (Iwan), Relawan HIV - AIDS mengatakan jika seorang perempuan mengetahui bahwa ia memiliki HIV, maka ia dapat mengikuti program Preventing Mother to Child Transmission (PMTCT). Dengan program ini, ibu hamil akan diberikan informasi dan pencegahan terpaparnya HIV dari ibu ke anak.

Di sisi lain, rekomendasi WHO dan UNICEF tahun 2010 menganjurkan ibu dengan HIV yang berencana atau di awal kehamilan untuk mengikuti  PMTCT. Setelah ia melahirkan, ia diperbolehkan memberikan ASI kepada bayinya dengan cara eksklusif dan ia dilindungi dengan pemberian ARV selama jangka waktu menyusui. Dengan pemberian ASI, berat badan anak dapat naik sekitar enam sampai 10 kali lipat.

"Kalau anak sudah berumur 18 bulan dianjurkan tes HIV untuk mengetahui apakah anak tersebut bebas HIV atau tidak, karena sebelum 18 bulan, anak akan membawa antibodi ibunya," tambah Iwan.

Hasil tes anak tersebut dapat berupa HIV negatif atau positif.

Penulis: Agustina Rasyida
Editor: Johnson Simanjuntak
Sumber: Tribun Jakarta
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1637532 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas