• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

Mendeteksi Penyakit Dari Tangan

Selasa, 30 April 2013 08:10 WIB
Mendeteksi Penyakit Dari Tangan
www.josefsamuel.com
ILUSTRASI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dokter kadang-kadang memeriksa telapak tangan sebelum akhirnya mendiagnosis penyakit. Kita sendiri bisa kok melakukannya sendiri di rumah. Ketahui cara tangan kita menunjukkan kesehatan.

* Tangan memerah.
Mengangkat berat atau cuci tangan terlalu sering bisa membuat merah di tangan. Tetapi jika warna merah tetap dalam jangka panjang, bisa jadi itu tanda eritema palmaris yang merupakan gejala dari penyakit hati.

* Garis merah di bagian bawah kuku.
Sebutan kondisi ini adalah splinter hemorrhage. Kemungkinan besar ada infeksi pada katup jantung. Biasanya, gejala tersebut disertai dengan demam ringan. Jangan menunggu, segera hubungi dokter untuk perawatan lebih lanjut.

* Panjang jari.
Jari manis pria cenderung lebih panjang dari jari telunjuk mereka, tetapi wanita memiliki kondisi yang berlawan. Tetapi jika wanita memiliki panjang jari yang menyerupai pria, mereka paling mungkin menderita osteoarthritis.

* Jari bengkak.
Jika kita baru saja turun dari pesawat atau kondisi kepanasan, tidak perlu khawatir jika menemukan jari kita bengkak. Namun jika kondisi ini bertahan selama beberapa hari, bisa jadi itu tanda gejala hipotiroidisme - penurunan hormon tirod yang bertugas mengatur sistem metabolisme.

* Telapak tangan dan kuku pucat.
Dalam keadaan normal, ujung jari atau telapak tangan bila ditekan memang pucat. Tapi jika pucat tersebut berlangsung lebih dari satu menit setelah tekanan dilepaskan, inilah tanda-tanda anemia.

* Ujung jari tangan berubah biru dan dingin.
Ujung jari tangan berubah biru dan dingin tanda gangguan peredaran darah yang disebut sindrom penyakit Raynaud. Penyakit ini menyebabkan kejang sementara pada pembuluh darah, sehingga mengurangi sirkulasi.

Sekarang coba cek tangan Anda, apa ada kondisi seperti tersebut di atas? (third age)

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Intisari
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas