Konsultasi Gigi dan Mulut

Setelah Gigi Rusak Dicabut, Kapan Pemasangan Implan Gigi?

Setelah gigi yang rusak dicabut, membutuhkan waktu berapa lama agar dapat dipasang implan gigi?

Setelah Gigi Rusak Dicabut, Kapan Pemasangan Implan Gigi?
thenumber1.com

Pertanyaan Pembaca Tribunnews.com:

Dokter Anastasia,

To the point aja, ya.. Setelah gigi yang rusak dicabut, membutuhkan waktu berapa lama untuk dapat dipasang implan gigi? Dan, berapa biaya pemasangannya per gigi, Dok?
Terimakasih.. (Wilbeth)
                                
Jawaban:

Dear Bapak Wilbeth,

Terimakasih atas pertanyaan yang telah diberikan.

Bila syarat indikasi perawatan telah terpenuhi dan seluruh detail tahapan prosedural awal telah dilakukan, maka proses pemasangan gigi implan dapat segera dilakukan segera setelah pencabutan gigi dilakukan. Bahkan bisa diupayakan secara berurutan waktunya di detik setelah gigi di cabut, Bapak..

Seperti telah kita ketahui bersama, gigi implan (dental implants) adalah gigi tiruan yang terbuat dari bahan tertentu berteknologi tinggi yang berfungsi sebagai pengganti akar gigi asli yang hilang.

Umumnya menggunakan bahan logam, keramik, maupun polimer dan komposit yang dibuat sedemikian rupa dengan tehnologi tinggi sehingga dapat beradaptasi baik dengan jaringan tubuh dengan pengupayaan optimal agar reaksi penolakan alamiah tubuh bisa seminimal mungkin terjadi.

Melalui operasi, material implan diletakkan di dalam tulang rahang yang berfungsi sebagai jangkar bagi gigi penggantinya. Pemasangan implan dilakukan di dalam klinik, dalam keadaan bius lokal. Ada kalanya disertai kombinasi dari bius total yang lebih ringan (sedasi). Termasuk resep obat yang diberikan sang dokter dalam prosedur ini. Prosedur ini dilakukan dalam kondisi bebas sakit, setelah sebelumnya dilakukan prosedur pemeriksaan awal.

Setelah terbentuk ikatan antara implan dan tulang rahang, implan dapat menjadi penyangga yang kokoh bagi makhota buatan, protesa gigi tiruan jembatan, ataupun gigi palsunya. Prosedur ini dapat menggantikan satu atau banyak gigi tanpa mempengaruhi gigi di sebelahnya, dan dapat menjadi solusi jangka panjang bagi orang yang kehilangan seluruh giginya.

Halaman
1234
Editor: Agung Budi Santoso
Tags
gigi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help