Konsultasi Gigi dan Mulut

Gigi Anak Copot Tiba-tiba, Bagaimana Mengatasinya?

Gigi depan samping rahang atas puteri kedua saya tiba-tiba copot sendiri saat sedang bersantai di rumah. Wah, panic rasanya, Dok.

Gigi Anak Copot Tiba-tiba, Bagaimana Mengatasinya?
inteligentdental.com

TRIBUNNEWS.COM  - Tribunnews.com membuka kontak Konsultasi yang akan dijawab Drg Anastasia Ririen

Drg R Ngt Anastasia Ririen Pramudyawati, alumnus Fakultas Kedokteran gigi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, siap menjawab segala pertanyaan seputar kesehatan gigi dan mulut di rubrik konsultasi gigi dan mulut Tribunnews.com.

Selama ini, perempuan kelahiran tepian Danau Tage - Epouto (Enarotali, Paniai, Papua) ini bekerja di Permata Pamulang Hospital, Happy Smile Dental Clinic Bali View Point (keduanya beralamat di Tangerang Selatan), dan praktek pribadi D-smile di wilayah Pondok Cabe, Selatan Jakarta.

Selain itu, juga aktif menulis di www.kompasiana.com/dokteranastasiaririen dan memberikan konsultasi soal kesehatan gigi dan mulut lewat media radio, serta mengisi rubrik konsultasi di Harian Tribun Kaltim.

Bagi pembaca Tribunnews.com yang ingin melakukan konsultasi masalah gigi dan mulut, silakan mengirimkan pertanyaan melalui email: dr_anastasia_ririen@yahoo.com.
Semua jawaban akan ditayangkan di www.tribunnews.com.

Pertanyaan Pembaca
Dear dokter Anastasia,
Langsung saja, ya Dok.. Saya Ayah dua puteri. Yang Pertama 10 tahun, dan yang kedua 9 tahun. Ini saya sedang di kantor. Beberapa menit lalu Istri  saya menelphon, memberi khabar bahwa gigi depan samping rahang atas puteri kedua saya tiba-tiba copot sendiri saat sedang bersantai di rumah. Wah, panic rasanya, Dok. Apa penyebabnya, ya Dok .. Saya merasa khawatir. Apa perlu saya bawa ke dokter saat ini?

Kebetulan gigi tersebut selama ini belum pernah berlubang. Dan menurut istri saya tidak ada bengkak apapun di gusinya. Darahnya pun tidak tampak.
Terimakasih, ya Dok.. atas penjelasannya. (Siswantono, Kudus)

Jawaban:

Dear Bapak Siswantono, terimakasih atas kepercayaan Bapak bertanya soal tersebut ke saya.
Pada rentang usia 9 tahun, secara umum gigi-geligi Buah Hati tercinta kita masih berada di periode gigi bercampur. Masih terdapat beberapa jenis gigi susu di antara gigi-geligi permanen yang sudah mulai bererupsi satu demi satu sejak si Kecil berusia sekitar usia 6 tahun menggantikan gigi susu pendahulunya yang telah tanggal, dalam rongga mulut si Kecil.

Bila proses penggantian gigi-gigi susu oleh gigi-gigi permanen pengganti si Kecil dimulai sekitar usia 6 tahun, maka secara umum di usia 9 tahun telah bererupsi keempat gigi seri permanen pertama dan kedua rahang atas dan rahang bawah si Kecil, serta keempat gigi geraham besar pertama rahang atas dan rahang bawahnya.

Halaman
123
Editor: Anita K Wardhani
Tags
gigi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help