Selasa, 23 Desember 2014
Tribunnews.com

Apakah Nyeri di Bawah Payudara Termasuk Gangguan Kesehatan?

Sabtu, 22 Juni 2013 11:53 WIB

Apakah Nyeri di Bawah Payudara Termasuk Gangguan Kesehatan?
net

TRIBUNNEWS.COM - Dalam rubrik konsultasi kesehatan, seorang pembaca Tribun Lampung (Tribunnews.com Network) mengeluhkan rasa nyeri di bawa payudara yang kerap dialaminya. Gejala gangguan kesehatan kah?

Menurut dr Abu Ryamafi Bazar Sp OG Dokter Ahli Kandungan dan Kebidanan RSIA Mutiara Putri
Bandar Lampung,  ketika mengalami nyeri payudara, wajar jika seseorang harus waspada. Hal-hal yang perlu mendapat perhatian di antaranya kapan nyeri tersebut timbul, bagaimana intensitasnya, di bagian mana terasa nyeri, dan apakah terdapat benjolan atau luka di daerah yang terasa nyeri.

Tentunya hal tersebut memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu, terdapat beberapa kondisi psikologis pada wanita yang memungkinkan payudara terasa nyeri. Di antaranya saat puber, kondisi hamil, atau sebelum dan selama siklus menstruasi.

Jika merasakan keluhan demikian, maka ada baiknya melakukan pemeriksaan, apakah Anda menggunakan ukuran bra yang sesuai. Sebab, ukuran bra yang tidak sesuai juga bisa menimbulkan rasa nyeri di bagian bawah payudara.

Terutama, jenis bra yang menggunakan penyangga atau kawat. Jika keluhan berlanjut, segeralah berkonsultasi langsung dengan dokter agar untuk pemeriksaan yang lebih teliti.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Lampung

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas