Pengasuhan Paliatif untuk Ringankan Rasa Sakit Pasien Kanker

Asuhan paliatif bentuk asuhan yang berfokus kepada peningkatan kualitas hidup pasien melalui pencegahan dan upaya meringankan penderitaan.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kesadaran maupun pengetahuan masyarakat mengenai asuhan paliatif masih sangat minim. Bisa dikatakan pengasuhan ini jarang terdengar.

Asuhan paliatif adalah bentuk asuhan multidisiplin yang berfokus kepada peningkatan kualitas hidup pasien melalui pencegahan dan upaya meringankan penderitaan. Langkah yang bisa dilakukan  dengan deteksi dini, pengkajian menyeluruh dan penanganan nyeri serta masalah lain baik fisik, psikososial dan spiritual.  

"Contoh asuhan paliatif yang diberikan adalah pengendalian rasa nyeri yang diderita pasien dan hal ini dapat diringankan tidak hanya melalui pemberian obat-obatan, tapi perhatian yang terkadang diabaikan oleh para kerabat atau keluarga terdekat pasien", ucap dr. Luthfi Mardiansyah, Presiden Direktur PT Novartis Indonesia di Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Tantangan terbesar pengasuhan yang dihadapi dalam memberikan asuhan paliatif adalah menjelaskan mengapa asuhan ini sebenarnya sangat penting. Juga sistem pendukung dan lingkungan yang tepat agar asuhan yang diberikan tepat guna dan berkesinambungan.

"Asuhan  paliatif merupakan asuhan yang secara internasional diakui sebagai salah satu persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh sertifikasi oleh JCI (Joint Commission International)," tutur  Nurhanita, Program Manager Yayasan Rumah Rachel.

Ini  menunjukkan bahwa asuhan paliatif merupakan salah satu faktor penting dalam penyediaan layanan kesehatan yang menyeluruh bagi pasien.

Yayasan Rumah Rachel merupakan satu-satunya organisasi nirlaba di Indonesia yang memberikan asuhan paliatif bagi anak-anak penderita kanker di stadium akhir dan juga kepada anak-anak penderita HIV yang masih dalam terapi kuratif dan/atau anak dalam kondisi AIDS dan/atau jelang ajal.

Susi Susilawati, S.K.M, Anggota Tim Perawat Yayasan Rumah Rachel mengatakan edukasi mengenai asuhan paliatif merupakan salah satu upaya agar keluarga dan kerabat terdekat pasien dan masyarakat pada umumnya menyadari bahwa ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi beban pasien, baik secara fisik maupun emosional.

"Satu hal yang diperhatikan oleh kami sebagai tim perawat, adalah terkadang pasien hanya membutuhkan perhatian dan kasih sayang yang ditunjukkan melalui usapan atau melalui perbincangan mengenai impian mereka, dan hal itu dapat membantu meredakan nyeri yang mereka alami," katanya.

Hal-hal seperti itu, kata dia  sudah termasuk dalam definisi asuhan paliatif dan hal tersebut dapat dilakukan oleh siapapun yang mau memahami pentingnya asuhan ini bagi seorang pasien.

Tags
kanker
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help